PT SBA HUT metropolis

Warga Terdampak Banjir di Aceh Jaya Mulai Mengungsi

Warga Terdampak Banjir di Aceh Jaya Mulai Mengungsi
Warga korban banjir di Kabupaten Aceh Jaya mulai mengungsi.(Foto: IST)

CALANG, METROPOLIS.id Para korban banjir di Kabupaten Aceh Jaya, pada Selasa malam (28/7/2020) mulai mengungsi ke tempat lebih aman, akibat ketinggian air makin naik dan menggenangi rumah mereka.

Data sementara dari BPBK Aceh Jaya, hingga saat ini sudah ada 21 desa di lima kecamatan terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata berkisar antara 20 cm sampai dengan 100 cm.

Bahkan hingga malam ini di sejumlah kecamatan, banjir belum surut dan masih tergenang di pemukima warga. Salah satu di Desa Rantoe Panyang, Kecamatan Krueng Sabee.

Geuchik Rantoe Panyang, Ali Munir saat dikonfirmasi metropolis.id menyampaikan banjir yang menggenangi desanya telah terjadi sejak Senin malam (27) dan diperparah pada pagi tadi hingga malam ini.

“Malam ini masyarakat sudah mengungsi ke tempat aman atau tinggi seperti gunung, tanggul jalan dan ke rumah saudara yang dianggap aman,” kata Ali.

Disebutkan, masyarakat yang sudah mengungsi pada Selasa malam sekitar 80 kepala keluarga.

“Saat ini warga juga mulai kesulitan mendapat pasokan makanan, karena akses menuju ke ibukota kecamatan tak bisa dilalui baik dengan jalan kaki maupun kenderaan,” kataya.

Ia berharap, pemerintah dapat menyalurtkan makanan maupun tenda untuk para pengungsi di desanya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Aula Andika Jamal membenarkan jika malam ini ada sebagian warga yang mulai mengungsi akibat banjir.

Ia menyebutkan daerah yang mulai mengungsi malam ini berada di wilayah desa Panggong, Kecamatan Krueng Sabee dan sekitarnya, selain itu ada juga di wilayah Pasie Raya.

"Kami terus memantau perkembangan warga yang terkena banjir di Aceh Jaya, dan hal ini juga telah kita sampaikan ke atasan terkait perkembangan banjir malam ini," imbuh Aula Andika Jamal.

Diketahui, hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kabupaten Aceh Jaya dalam beberapa hari ini telah menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir. Hingga kini, ada 7 kecamatan yang terdampak banjir luapan.

Rubrik:Aceh Jaya
DPRK ABES HUT METROPOLIS
Pemkab Asel hut metropolis
PUPR ACEH BARAT HUT METROPOLIS
IKLAN PLN