Breaking News

Warga Aceh Timur Serahkan Orangutan ke BKSDA

Warga Aceh Timur Serahkan Orangutan ke BKSDA
Orangutan Sumatera yang diserahkan oleh warga Aceh Timur, Selasa (27/8/2019).(Dok. Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe BKSDA Aceh)

IDI, METROPOLIS.id | Warga Gampong Kabu, Kecamatan Peurlak, Kabupaten Aceh Timur menyerahkan satu ekor orangutan sumatera kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Hewan yang memiliki nama latin Pongo Pigmeus Abelii itu diserahkan melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe Resor Wilayah 12 Langsa bersama Tim Orangutan Information Center (OIC), Selasa (27/08/2019).).

“Orangutan yang diserahkan warga pedalam Kabupaten Aceh Timur itu ditemukan di kebunnya satu bulan lalu,” kata Penanggunga Jawab Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe Kamarudzaman.

Orangutan sumatera yang diserahkan warga secara sukarela itu berjenis kelamin betina yang diperkirakan telah berusia lima tahun.  Hasil pemeriksaan tim dokter hewan dari Orangutan Information Center OIC, kondisinya pun dinyatakan sehat.

Kata dia, pengakuan warga yang menyerakahkan orangutan ke BKSDA Aceh, hewan dilindungi itu temukan pada saat sedang beraktivitas di kebunnya sejak satu bulan lalu, namun karena tinggal di pedalaman sulit mendapat akses informasi untuk penyerahan orangutan tersebut ke BKSDA.

Setelah dievakuasi dari warga, orangutan tersebut selanjutnya langsung  dibawa ke tempat karantina orangutan di Sibolangit, Sumatera Utara untuk dikarantina dan perawatan agar dapat dilepasliarkan ke habitatnya.

Data terakhir yang dirilist International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), jumlah populasi orangutan sumatera saat ini statusnya mulai kritis. Penyebaran orangutan di alam wilayah Povinsi Aceh diperkirakan sekitar 13.846 individu, dengan luasan habitat  sekitar 16.775 km2.

“Harapan kami apa yang dilakukan warga Aceh Timur ini menjadi contoh bagi warga lain di Aceh, sehingga keberlanjutan dan keanekaragaman hayati dapat terus terjaga,” katanya.

Rubrik:Daerah
PT SBA