PT SBA HUT metropolis

Tumpahan Batu Bara dari Kapal Tongkang Mulai cemari Laut Nagan Raya, GeRAK: Harus Segera Ditangani

Tumpahan Batu Bara dari Kapal Tongkang Mulai cemari Laut Nagan Raya, GeRAK: Harus Segera Ditangani
Tumpahan batu bara dari kapal tongkang yang dihempas ombak dan nyaris terbalik mulai mencemari laut di Nagan Raya. (METROPOLIS.id/FERI G)

MEULABOH, METROPOLIS.id Tumpahan material batu bara dari kapal tongkang yang terhempas ombak di perairan Pantai Kuala Pesisir Desa Lhok, Nagan Raya, mulai mencemari lingkungan sekitar pantai.

Kapal tongkang pengangkut batu bara itu diketahui terhempas ombah akibat cuaca buruk Selasa kemarin. Saat ini, posisi kapal tongkang tersebut nyaris terbalik. Sebagian material batu bara terlihat tumpah dan mencemari bibir pantai Kuala Pesisir.

Baca: Kapal Tongkang Bermuatan Batu Bara Terdampar dan Nyaris Terbalik di Nagan Raya

Koordinator Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh Barat, Edy Syahputra meminta pihak perusahaan bertanggungjawab dan segera melakukan evakuasi tongkang tersebut.

“Yang kita khawatirkan adalah bila isi dari tongkang tersebut berhamburan ke dalam laut, tentunya ini akan menimbulkan dampak pencemaran laut (lingkungan) dan meganggu kehidupan biota dalam laut,” kata Edy, Rabu (28/7/2020).

Jika itu terjadi, kata dia, tentunya akan berdampak terhadap mata pencaharian para nelayana pesisir di sana.

“Kita menekankan perlu adanya sikap presure atau penekanan dari pemerintah daerah, segera meminta pemilik tongkang untuk melakukan evakuasi ke laut kembali, jangan tunggu lama,’ katanya.

Belum mengetahui

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nagan Raya, Teuku Hidayat, SE. MSi, dikonfirmasi metropolis.id mengaku belum mengetahui perihal tersebut.

“Kapan kejadian? Saya suruh cek dulu sama petugas,” kata Hidayat singkat.

Rubrik:Nagan Raya
DPRK ABES HUT METROPOLIS
Pemkab Asel hut metropolis
PUPR ACEH BARAT HUT METROPOLIS
IKLAN PLN