Tingkatkan Hasil Panen Padi di Aceh Selatan, PPL Mutiara Kembangkan Demplot

Tingkatkan Hasil Panen Padi di Aceh Selatan, PPL Mutiara Kembangkan Demplot

TAPAKTUAN, metropolis.id Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan melakukan penguatan dan sosialisasi bibit padi Ciherang serta panen bersama dengan mengembangkan lahan percontohan (demplot).

"Kami akan terus memotivasi petani untuk selalu menggunakan bibit padi Ciherang yang dianjurkan oleh pemerintah dengan membangun demplot lebih banyak," kata PPL Gampong Mutiara, Dirhamsyah kepada metropolis.id, Senin (22/2/2021).

Menurutnya, sebagai salah satu bentuk penguatan ketahanan pangan masyarakat, pihaknya bersama petani terus mengembangkan demplot bibit Ciherang di Kecamatan Sawang, Aceh Selatan.

"Kami akan terus mendukung petani untuk mengembangkan demplot bibit Ciherang di Sawang," ucap Dirham.

Dari hasil penelitian, keunggulan bibit padi varietas Ciherang sangat cocok dengan kondisi lahan di Sawang. Pihaknya berharap petani terus menggunakan dan mengembangkan bibit tersebut untuk masa tanam selanjutnya.

"Jika melihat hasil panen varietas Ciherang perlu untuk dipertahankan sehingga makin tinggi mutu hasil panen," ungkap Dirham

Kepala Dinas Pertanian Aceh Selatan, Yulizar mengapresiasi BPP Sawang dan petani yang telah menerapkan aturan pemerintah untuk menggunakan bibit varietas Ciherang sebagai modal pengembangan bibit padi di Aceh Selatan ke depannya.

Pihaknya akan terus mendukung sarana dan prasarana pendukung pengembangan bibit tersebut dengan memperbanyak demplot.

Dari hasil panen padi varietas Ciherang tersebut, selain lahan yang mendukung, petani juga mendapatkan hasil panen lebih banyak jika dibandingkan dengan varietas lokal.

"Varietas Ciherang ini sudah terlihat hasilnya. Harapan saya, bibit ini dapat dikembangkan dan pemerintah terus mendukung sarana dan prasarananya," harap Yulizar.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir Muspika Sawang (camat, koramil) Kepala BPP Sawang, KJF Neli Hendriyani, keuchik dan seluruh petani Gampong Mutiara.

Rubrik:Aceh Selatan