Sungai Tamiang Meluap, Rendam Ratusan Rumah

Sungai Tamiang Meluap, Rendam Ratusan Rumah
Air sungai Tamiang meluap hingga merendam rumah warga.

KUALA SIMPANG, metropolis.id Tingginya intensitas hujan yang terjadi di wilayah hulu Kabupaten Aceh Tamiang selama sepekan terakhir menyebabkan volume air sungai Tamiang meluap.

Akibatnya, ratusan rumah yang berada di sepanjang bantaran sungai tersebut mulai terendam banjir dengan ketinggian bervariasi, berkisar 20 hingga 90 sentimeter.

Salah satunya Kampung (Desa) Kota Kuala Simpang yang berada di Kecamatan Kota Kuala Simpang yang terdampak banjir paling parah. Ketinggian air terlihat mencapai 90 sentimeter.

Datok Penghulu (Kades) Kampung Kota Kuala Simpang, Zulkifli mengatakan, sedikitnya terdapat 46 rumah warga yang saat ini sudah terendam banjir sejak kemarin, Selasa (12/1/2021).

"Untuk jumlah kepala keluarga (KK) sendiri kurang lebih sebanyak 65 KK," kata Zulkifli kepada metropolis.id, Rabu (13/1/2021).

Namun, kata Zulkifli, warganya saat ini masih memilih bertahan di rumah masing-masing. Sebab, sebagian rumah mereka yang terendam berlantai dua.

Kendati demikian, Zulkifli mengaku pihaknya tetap mengimbau warga yang saat ini terdampak banjir agar selalu waspada. Mengingat volume air sungai masih terlihat terus meningkat.

"Selain itu, dikhawatirkan air datang sewaktu-waktu. Sebab kondisi cuaca saat ini masih ekstrem," katanya.

Pantauan metropolis.id, kondisi air saat ini sudah terlihat surut dari kondisi sebelumnya.

Rubrik:Aceh Tamiang
Iklan bireuen