Breaking News

Sudah Empat Dokter spesialis RSU Chik Ditiro Sigli Positif Covid

Sudah Empat Dokter spesialis RSU Chik Ditiro Sigli Positif Covid
Dirut RSU Teungku Chik Ditiro, dr Muhammad Yasir didampingi Wadir Pelayanan, dr Ikhsan, saat memberi keterangan pers kepada wartawan, Rabu (12/8/2020).

SIGLI, metropolis.id Tiga dokter spesialis di Rumah Sakit Umum (RSU) Teungku Chik Ditiro, Sigli dinyatakan positif terjangkit Virus Covid-19.

"Dari pemeriksaan cepat yang kami terima hasilnya semalam pukul 11.40 WIB, dari Laboratorium Fakuktas Kedokteran Unsyiah, tiga dokter dinyatakan Positif Covid-19," kata Direktur RSU Teungku Chik Ditiro Sigli, dr Muhammad Yasir, kepada wartawan dalam konferensi pers, Rabu (12/8/2020).

Menurut Yasir, ketiga dokter itu diduga sempat kontak saat menangani Almarhum Kadisdukcapil Pidie, Drs Effendi Usman Msi yang dinyatakan positif Covid-19.

Dengan bertambahnya tiga tenaga medis yang positive corona, kata di, kini total dokter spesialis di RSUD Tgk Chik Di Tiro yang terpapar Covid-19 berjumlah empat orang.

“Mereka tengah menjalani isolasi secara mandiri,” katanya.
Wakil Direktur Pelayanan RSU, Sigli dr. Ikhsan SpOT, mengatakan, setelah tiga dokter ahli tersebut dinyatakan positif Covid-19, pihak rumah sakit akan melakukan pelacakan (tracking) cepat kepada seluruh tenaga medis yang mempunyai riwayat kontak dengan tiga dokter itu.

“Kita telah melakukan tracking terhadap 109 staf medis dan telah dilakukan pengambilan swab. Dari hasil tersebut, ada 43 staf medis yang terindikasi gejala Covid-19 sedang menjalani isolasi mandiri sampai 10 hari ke depan,” katanya.

Saat ini, kata dia, Rumah Sakit Teungku Chik Ditiro Sigli merawat satu orang pasien diduga terpapar Covid-19. Pihak rumah sakit telah lakukan Swab dan PCR dan masih menunggu hasilnya dari Balitbangkes Provinsi Aceh.

"Kami masih menunggu hasil PCR satu pasien yang masih dirawat, kami mengahadapi persoalan sekarang kurangnya sarana pelacakan untuk pasien yang mempunyai kontak langsung dengan pasien Covid-19," pungkas dr Ihksan.

Rubrik:PIDIE