Semua Sepakat, Pilkada Serentak Dilaksanakan Tahun 2022

Semua Sepakat, Pilkada Serentak Dilaksanakan Tahun 2022

BANDA ACEH, metropolis.id Pemerintah Aceh bersama dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP), Panwaslih, DPRA dan DPRK se-Aceh sepakat penyelenggaran Pilkada serentak dilakukan pada tahun 2022 mendatang.

Hal itu diputuskan dalam Rapat Koordinasi Pilkada Serentak Tahun 2022 dengan Pemerintah Aceh, KIP Aceh, Panwaslih dan DPRK se-Aceh di Gedung Utama DPRA, Senin (29/6/2020).

Hasil kesepatan tersebut kemudian ditandatangi oleh semua peserta rakor sebagai komitmen melaksanakan Pilkada serentak Aceh tahun 2022.

Ketua Komisi I DPRA, Muhammad Yunus mengatakan, pelaksanaan Pilkada 2022 digelar karena mengacu pada undang-undang kekhususan Aceh, yaitu UU Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh.

“Karena itu, semua pihak di Aceh sepakat dengan kebijakan ini,” kata Muhammad Yunus.

Kebijakan tersebut, kata dia, harus ditindaklanjuti oleh DPRK kabupaten/kota, sehingga pelaksanaan Pilkada 2022 sesuai yang diharapkan.

“DPR kabupaten/kota ketika pulang ke daerah supaya lansung koordinasi dengan pihak eksekutif, agar titik temu dan sinergi antara kabupaten dengan provinsi dengan mengambil satu sikap,” sebut M. Yunus.

Rakor yang dipimpin Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin diikuti Ketua Komisi I DPRA, Tgk M Yunus Yusuf berserta anggota komisi; Asisten I Setda Aceh, M Jafar; Karo Tata Pemerintahan Setda Aceh, Syakir; Karo Hukum Setda Aceh, Amrizal J Prang; dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Mahdi Efendi.

Hadir juga Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri berserta komisioner, Ketua Panwaslih Aceh, Faizah beserta anggota serta para ketua Komisi I DPRK se Aceh.

Rubrik:Banda Aceh