SBA Raih Penghagaan Zero Accident Tahun 2020

SBA Raih Penghagaan Zero Accident Tahun 2020
Health & Safety Manager PT SBA, Yusrizal Yusuf (kanan) menyerahkan plakat Zero Accident Award kepada Head of Plant Operation PT SBA, Asdian.

BANDA ACEH, METROPOLIS.id | PT Solusi Bangun Andalas (SBA) mendapatkan penghargaan Zero Accident (Kecelakaan Nihil) dari Pemerintah Aceh melalui Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh.

Penghargaan tersebut diganjar setelah PT SBA berhasil mempertahankan lebih dari 2,5 juta jam kerja nihil kecelakaan untuk kurun waktu 2018 dan 2019.

Penyerahan penghargaan ittu dilakukan dalam apel peringatan bulan K3 Tahun 2020 di halaman Disnakermobduk Aceh, 10 Februari 2020, dan diterima langsung oleh Health & Safety Manager PT SBA, Yusrizal Yusuf.

“Budaya K3 adalah prioritas dan komitmen setiap pekerja di SBA, kami juga terus memastikan bahwa semua orang yang bekerja dan berkunjung di lingkungan operasional senantiasa aman, sehat dan selamat,” kata General Manager SBA, Durain Parmanoan, di sela sela dalam memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan pada Januari 2020.

Kata dia, selama periode peringatan bulan K3 2020 ini, SBA juga menggelar berbagai kegiatan perlombaan, edukasi dan pelatihan seputar K3  di dalam wilayah operasional perusahaan maupun lingkungan sekitar. Salah satunya adalah gerakan masyarakat untuk senam pagi dan edukasi K3 di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Lhoknga dan Leupung.

“Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya melibatkan para karyawan, namun juga para karyawan kontraktor, serta para guru dan tokoh masyarakat setempat,” katanya.

Selain senam pagi dan edukasi K3 di SMA, SBA juga menyelenggarakan berbagai lomba seperti lomba video yel-yel bertema K3, lomba poster K3, lomba pemadaman api, bincang-bincang kesehatan bersama ahli gizi, pemeliharaan lingkungan di dalam pabrik, penanaman pohon, senam pagidan lain-lain.

“Program-program ini kami laksanakan sebagai upaya perusahaan untuk terus memperkuat budaya K3 dalam bekerja dan beraktivitas sehari-hari,” katanya.

Kepala SMA Negeri 1 Lhoknga, Eka Sari Dewi, S.Si, M.Pd, turut menyampaikan dukungan dan apresiasinya terhadap inisiatif SBA dalam peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2020.

“Kami sangat mendukung kegiatan edukasi K3 di sekolah dan semua program SBA untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja. Budaya kepatuhan sangat baik ini juga bermanfaat untuk selalu menjaga kewaspadaan kita dalam beraktivitas sehari-hari, dimana pun, kapan pun,” ujarnya.

Rubrik:Daerah