Hari Pertama Penyekatan

Puluhan Angkutan Umum dan Pemudik Dipaksa Putar Balik di Pos Perbatasan Aceh-Sumut

Puluhan Angkutan Umum dan Pemudik Dipaksa Putar Balik di Pos Perbatasan Aceh-Sumut

metropolis.id Larangan mudik 2021 mulai berlaku hari ini Kamis (6/5/2021). Petugas mulai menutup jalur lintas perbatasan Aceh-Sumatera Utara (Sumut) di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

Pantauan metropolis.id, puluhan kendaraan angkutan umum, pribadi, dan pemudik yang menggunakan sepeda motor dihalau dan dipaksa putar balik oleh petugas di posko penjagaan di perbatasan Aceh - Sumatera Utara tersebut.

Kepala Kepolisian Resort Aceh Tamiang, AKBP Ari Lasta Irawan kepada metropolis.id mengatakan, penutupan wilayah perbatasan tersebut merupakan tindak-lanjut Peraturan Menteri (PM) Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 Hijriah Tahun 2021, dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 .

Di mana dalam PM tersebut, pemerintah resmi melarang warga untuk melakukan mudik Idul Fitri tahun ini guna memutus mata rantai Covid-19.

"Mulai hari ini hingga 17 Mei 2021, dilakukan penutupan permanen," kata Ari Lasta, Kamis, 6 Mei 2021.

Namun, kata Ari Lasta, penutupan tidak diberlakukan untuk kendaraan atau truk yang mengangkut kebutuhan pokok atau material lainnya, seperti BBM. Begitu juga terhadap ambulans dan jenis kendaraan lainnya untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

"Khusus untuk mobil penumpang dan juga mobil pribadi, tidak dibenarkan lewat," katanya.

Selain penjagaan di pos pemeriksaan yang berada di timbangan angkutan Desa Seumadam, kata dia, petugas juga memperketat penjagaan di beberapa titik jalan perkampungan yang bisa digunakan para pemudik nakal untuk lepas dari petugas pemeriksaan.

"Kami juga menempatkan para petugas menjaga di empat titik jalan terobos di seputaran wilayah perbatasan," ujarnya.

Selama jadwal penutupan pintu masuk, Ari menyebutkan, petugas yang melakukan penjagaan di perbatasan pos pemeriksaan bagi beberapa sift.

Selanjutnya, Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0117/Aceh Tamiang, Letkol CPN Yusuf Adi Puruhita mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan tersebut.

"Kami akan membantu penuh petugas di lapangan," katanya.

Rubrik:Aceh Tamiang
Hut pijay