Breaking News

Pondok Suluk Tertua di Subulussalam Terbakar

Pondok Suluk Tertua di Subulussalam Terbakar

SUBULUSSALAM, METROPOLIS.id | Sejumlah bangunan tempat ibadah suluk di Kampong Lae Langge, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam terbakar, Selasa (25/2/2020).

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, tersebut menghanguskan sebanyak 20 asrama atau rangkang dan satu rumah ibadah berupa mushalla.

Kepala Kampong setempat, Ameran Manik mengatakan, belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun, sebagian masyarakat menduga penyebab kebakaran dikarenakan adanya pembakaran sampah yang berujung meluasnya api ke bangunan itu.

Baca: Sedang Ikut Tes CPNS di Banda Aceh, Rumah Guru Honorer di Aceh Timur Terbakar

Dikatakannya, kontruksi bangunan yang terbuat dari kayu membuat api dengan cepat melalap semua bagian bangunan.

"Untung saja tim pemadam kebakaran bersama masyarakat dan aparat kemanan dengan cepat memadamkan api tersebut, sehingga api tidak melebar  kerangkang yang lain," katanya.

"Beberapa hari ini memang cuaca sangat panas dan tidak pernah hujan, sehingga api dengan mudah menghanguskan rangkang suluk," tambah Ameran Manik.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, karena saat kejadiabln komplek tersebut sedang  tidak ada kegiatan ibadah.

Ameran pun berharap kepada Pemerintah Kota Subulussalam untuk membangun kembali rangkang persulukan di kampongnya, karena beberapa bulan lagi kegiatan ibadah suluk akan dilaksanakan kembali di sana.

Untuk diketahui komplek suluk tersebut merupakan salah satu tempat persulukan tertua yang ada di Kota Subulussalam yang dulunya dipimpin oleh Ulama Kharismatik Aceh yakni Alm Tengku H.Bahauddin Tawar yang biasa dikenal dengan sebutan Abuya Tanah Merah.

Rubrik:Subulussalam
PT SBA