Polisi Ringkus Komplotan Pencuri Sapi di Pidie, 1 Pelaku Ditembak

Polisi Ringkus Komplotan Pencuri Sapi di Pidie, 1 Pelaku Ditembak
Mobil milik komplotan pencuri sapi di Pidie terperosok ke dalam parit, Selasa (16/2/2021).

SIGLI, metropolis Polisi meringkus komplotan pencuri sapi (lembu) yang beraksi di sepanjang Jalan Laweung-Kreung Raya, Pidie. Saat penangkapan, salah seorang pelaku dihadiahi timah panas, Selasa (16/2/2021) sekira pukul 05.30 WIB.

Kasat Reskrim Polres Pidie, AKP Ferdian Candra kepada metropolis.id mengatakan, dari lima pelaku hanya tiga yang berhasil ditangkap. Mereka adalah Fauzan (21) warga Gampong Grong-Grong, Kecamatan Grong-Grong, Yulis (23) warga Gampong Rawa, Kecamatan Pidie, dan Azhari (40) warga Gampong Yaman Barat, Kecamatan Mutiara.

"Satu pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas," kata Kasat.

Lanjutnya, komplotan pencuri ini beraksi dengan menggunakan mobil Xenia BL 1551 PC warna putih. Saat diamankan, terdapat 3 ekor sapi di dalam mobil.

"Kronologis kejadian, saat itu anggota gabungan Opsnal Sat Resnarkoba dan Sat Reskrim Polres Pidie menerima informasi dari masyarakat bahwa di pinggir Pantai Seupeung, Kecamatan Muara Tiga, ada mobil yang dicurigai membawa narkotika jenis sabu," ujar Kasat.

Berdasarkan informasi tersebut, polisi yang dipimpin Kasat Narkoba langsung menuju ke TKP. Setibanya di sana petugas melihat mobil Xenia warna putih yang teridentifikasi mencurigakan.

"Polisi langsung memerintahkan untuk berhenti. Namum mobil tersebut langsung melarikan diri dengan kecepatan tinggi," ujar Kasat.

Bahkan, lanjutnya, mereka sengaja ingin menabrak anggota yang melakukan pemberhentian. Lalu anggota langsung melakukan pengejaran dan memberikan tembakan peringatan ke udara.

Akhirnya mobil pelaku berhasil dihentikan karena terperosok ke parit. Setelah berhenti, kelima tersangka langsung keluar dan melarikan diri.

"Namun 3 tersangka dapat ditangkap dan salah satu pelaku, Fauzan terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan yang mengenai paha sebelah kanan," jelas Kasat.

Untuk saat ini yang bersangkutan sudah mendapat pertolongan medis di Puskesmas Muara Tiga. Sedangkan 2 tersangka lainnya, WD dan H berhasil melarikan diri dan masuk DPO.

Lanjut Ferdian, setelah dilakukan penggeledahan di dalam mobil, ditemukan 3 ekor Lembu dalam keadaan terikat. Berdasarkan pengakuan para tersangka lembu tersebut merupakan hasil pencurian di sekitar jalan di Krueng Raya-Aceh Besar menuju Jalan Laweung, Kecamatan Muara Tiga, Pidie.

"Tersangka dan barang bukti saat ini sudah diamankan di Mapolres Pidie," tutupnya.

Rubrik:PIDIE