PT SBA HUT metropolis

Polda Aceh dan Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 33 Kg Sabu, Empat Tersangka Diamankan

Polda Aceh dan Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 33 Kg Sabu, Empat Tersangka Diamankan

BANDA ACEH, METROPOLIS.id Tim gabungan Polda Aceh bersama Bea Cukai Kanwil Aceh, berhasil menggagalkan upaya penyeludupan narkoba jenis sabu seberat 33 kilogram di Kabupaten Aceh Utara. Dari pengungkapan ini, petugas berhasil mengamankan empat orang tersangka.

Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Raden Purwadi menyebutkan, keempat tersangka yang diamankan masing-masing berinisial IR (43), SB (47), IY (49) dan FR (29).

“Mereka ditangkap di dua lokasi terpisah,” kata Brigjen Pol Raden Purwadi.

Pengungkapan ini, kata dia, bermula dari informasi adanya transaksi sabu senilai Rp 33 miliar di kawasan Aceh Utara pada Minggu (9/7/2020).

Dari informasi itu, kata dia, tim gabungan melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap tiga tersangka yakni IR, SB dan IY. Mereka ditangkap  di Jalan Banda Aceh- Medan Desa Peurepok Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, dengan menggunakan mobil Toyota Avanza BL 1128 DD.

“Saat dilakukan penggeledahan, ditemukan 2 karung putih yang berisikan 33 bungkus besar narkotika jenis sabu seberat 33 Kg,” katanya.

Tak berhenti di situ, petugas lalu melakukan pengembangan. Hasilnya, tim kembali berhasil mengamankan FR sekira pukul 21.30 WIB di Jalan Banda Aceh – Medan, tepatnya di Keude Lhoknibong.

“Hasil introgasi dari tersangka FR, sabu itu diperoleh dari DG DPO yangg saat ini berada di Malaysia. Sabu itu masuk ke Aceh melalui jalur laut dari Malaysia,” ungkapnya.

Dari keterangan para tersangka, kata diam, 33 kg sabu itu rencanannya akan diantar ke Medan, Sumatera Utara.

“Tiga tersangka sebagai kurir. Sementara tersangka FR sebagai pemesan sabu,” katanya.

Saat ini, kata dia, keempat tersangka dan barang bukti diamankan Mapolda Aceh untuk menjalani proses hukum. Mereka dijerat dengan Pasal 112 (2), Pasal 114 (2) Jo Pasal 132 (1) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Ancaman hukuman minimal 20 tahun, maksimal seumur hidup atau hukuman mati,” katanya.

Rubrik:Hukum
DPRK ABES HUT METROPOLIS
Pemkab Asel hut metropolis
PUPR ACEH BARAT HUT METROPOLIS
IKLAN PLN