Plt Direktur RSUD Teuku Umar Pastikan APD Tim Medis Masih Memadai

Plt Direktur RSUD Teuku Umar Pastikan APD Tim Medis Masih Memadai

CALANG, METROPOLIS.id | Plt. Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teuku Umar Aceh Jaya, Jasman Saputra, menyebutkan fasilitas Alat Pelindung Diri (APD) masih tersedia di rumah sakit itu.

"Walaupun tidak banyak, namun cukup untuk tiga hari penanganan jika ada pasien Covid-19 yang masuk rumah sakit," kata Jasman, kepada media ini di Calang, Sabtu (28/3).

Katanya, hingga saat ini di RSUD Teuku Umar masih tersedia stok APD khusus penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebanyak 18 set.

Selain itu, pihaknya juga sudah memesan 500 set APD khusus penanganan Covid-19 di dua tempat atau distributor yang diperkirakan sampai di awal bulan April mendatang.

Hingga saat ini, kata dia, di RSUD Teuku Umar juga tidak sedang dalam menangani pasien Covid-19, namun untuk ruang isolasi juga sudah disiapkan sebanyak 4 bed yang gedungnya terpisah dengan ruang rawatan umum.

"Kemarin kita ada menangani 1 orang ODP Covid-19 selama 2 hari, setelah kondisi umumnya baik sudah dipulangkan lagi namun tetap masih dalam pantauan Tim Gugus Tugas Covid Aceh Jaya," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga sangat mengharapkan peran aktif masyarakat untuk mencegah penyebaran wabah Corona khususnya di Aceh Jaya, dengan cara mengisolasikan diri di rumah masing-masing.

"Terutama bagi yang baru pulang dari luar daerah maupun luar negeri. Segera memeriksakan kesehatannya jika ada keluhan yang mengarah ke ciri-ciri khas Covid-19. Kita harap masyarakat harus sering memantau kesehatannya," pinta Jasman.

Tak hanya itu, pihak RSUD Teuku Umar juga akan menyediakan rumah isolasi bagi petugas medis yang menangani langsung Covid-19.

"Akan kita sediakan rumah khusus bagi petugas medis atau tim penanganan Covid-19 RSUD Teuku Umar. Kita juga sangat mengharapkan dukungan semua pihak agar dalam menguarkan statement tidak meresahkan masyarakat, mari sama-sama kita perangi Covid-19," pungkas Jasman.

Rubrik:Aceh Jaya
PT SBA