Perbedaan Kiamat Sugra dan Kubra Beserta Tandanya yang Perlu Dipahami

Perbedaan Kiamat Sugra dan Kubra Beserta Tandanya yang Perlu Dipahami
Ilustrasi kiamat. © Listverse.com

METROPOLIS.id | Hari akhir adalah sesuatu yang pasti bagi semua manusia yang diberi kehidupan oleh Allah SWT. Hari akhir juga disebut dengan kiamat. Dalam firman Allah telah disebutkan bahwa terdapat dua jenis kiamat yang dapat menimpa manusia yakni kiamat sugra dan kiamat kubra.

Di antara keduanya terdapat beberapa perbedaan yang mendasar. Simak ulasan mengenai perbedaan kiamat sugra dan kubra yang dirangkum dari berbagai sumber berikut.

Kiamat dalam Firman Allah

Hari akhir adalah janji Allah SWT yang pasti datang sebagai awal dari pembalasan bagi semua perbuatan manusia yang baik dan buruk. Bahkan, kiamat ini dijelaskan dalam satu surat sendiri di kitab suci Alquran. Perbedaan kiamat sugra dan kubra
juga dijelaskan di dalam QS. Qiyamah.

Kiamat ini secara lebih lanjut diuraikan dalam QS. Qiyamah yang merupakan surat ke-75 dan terdiri dari 40 ayat firman Allah. Pada QS. Qiyamah ayat 36 hingga 40, hari kiamat dijelaskan sebagai peristiwa mengembalikan manusia kepada Allah SWT yang bersifat Maha Kuasa.

“Ayahsabu al-insaanu an yutraka sudaan. Alam yaku nuthfatan min manayyin yumnaa. Tsumma kaana ‘alaqatan fakhalaqa fasawwaa. Faja’ala minhu alzzawjayni aldzdzakara waal untsaa. Alaysa dzaalika biqaadirin ‘alaa an yuhyiya almawtaa.”

Artinya:
“Apakah manusia pengingkar kebangkitan ini menyangka akan dibiarkan begitu saja, tidak diperintah dan tidak dilarang, tidak dihisab dan tidak dihukum? Bukankah manusia itu dulunya hanya setets air hina dari sperma yang dikeluarkan dan dimasukkan ke rahim, kemudian ia menjadi segumpal darah yang beku, lalu Allah menciptakan dari manusia ini dua jenis: laki-laki dan perempuan.

Bukankah Tuhan yang menciptakan segala sesuatu ini Maha Kuasa untuk mengembalikan seluruh makhluk sesudah mereka fana? Tentu, karena sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Perbedaan Kiamat Sugra dan Kubra

Perbedaan kiamat sugra dan kubra secara umum dapat diketahui pada QS. Qiyamah. Perbedaannya yang jelas yakni mengenai ruang lingkupnya. Perbedaan kiamat sugra dan kubra ini dapat diamati dengan kiamat sugra yang sering terjadi di sekeliling kita.

Kiamat sugra ini merupakan kiamat yang sering dikaitkan dengan meninggalnya seseorang. Sementara itu, secara umum kiamat kubra dapat dikatakan dengan kiamat besar yang menjadi penanda akhir kehidupan seluruh manusia di dunia.

Tanda Kiamat Sugra

Perbedaan kiamat sugra dan kubra dapat dilihat dari tanda-tandanya. Tanda-tanda dari kiamat sugra ini sangatlah banyak dan bahkan telah terjadi sejak zaman Rasulullah SAW dan para sahabat.

Datangnya dan wafatnya Rasulullah juga merupakan salah satu tanda-tanda kiamat kecil yang ada. Berikut beberapa tanda-tanda kiamat sugra berdasarkan Alquran dan hadist.

  • Munculnya banyak pembunuhan..
  • Waktu yang terasa semakin singkat.
  • Berlomba-lomba meninggikan bangunan.
  • Sering terjadi bencana alam yang meliputi tanah longsor, gempa, dan sebagainya.
  • Bulan sabit yang terlihat besar.
  • Munculnya gaya hidup mewah dan manja di kalangan umat Islam.
  • Negara Arab yang menjadi padang rumput dan terdapat sungai.
  • Manusia yang mewarnai rambut dengan cat hitam.
  • Orang baik yang senantiasa berkurang.
  • Orang jahat yang senantiasa bertambah.
  • Adanya pria yang menyerupai wanita dan sebaliknya.

Tanda Kiamat Kubra

Sementara itu, perbedaan kiamat sugra dan kubra juga dapat dilihat dari tanda-tanda kiamat kubra yang lebih dahsyat daripada kiamat sugra sebagai hari akhir umat manusia di bumi.

Sesuai dengan hadist, Rasulullah pernah mengatakan sebagaimana berikut ini.

“Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya, asap, dajjal, binatang besar, matahari yang terbit dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam Alaihisalam, adanya Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi yang ada di timur, barat, dan Semenanjung Arab, serta api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan membuat manusia ke Padang Mahsyar mereka.” (HR. Muslim).

Berdasarkan dari sabda Rasulullah SAW, tanda-tanda kiamat kubra yakni sebagai berikut,

  • Munculnya asap.
  • Munculnya Dajjal sebagai musuh terakhir umat manusia.
  • Munculnya binatang besar.
  • Matahari yang terbit dari arah barat.
  • Turunnya Nabi Isa AS sebagai penyelamat umat manusia.
  • Adanya suku Ya’juj dan Ma’juj yang merusak kehidupan di bumi.
  • Tiga peristiwa penenggelaman bumi.
  • Munculnya api yang mengumpulkan manusia.

Doa Keselamatan Hari Kiamat

Agar senantiasa selamat dari bencana akhir zaman, ada baiknya kita senantiasa memperbanyak amalan dan berbuat baik kepada sesame. Selain itu, perbanyak doa dan dzikir dengan niat untuk meminta keselamatan kepada Allah SWT dari hari akhir. Berikut doanya.

“Astaghfirullahal ‘adzim li waliwa lidayya wa lilmukminina wal mukminati wal muslimina wal muslimati al ahyaa I minhum wal amwati.”

Artinya:
“Saya memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung untuk diriku, kedua orangtuaku, untuk orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, orang-orang muslim laki-laki dan perempuan, baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal.”

Itulah perbedaan kiamat sugra dan kubra yang perlu diketahui untuk meningkatkan iman dan takwa sebagai umat Islam.

Rubrik:
Sumber:MERDEKA.COM
PT SBA