Pengobatan Gratis, Dokter Spesialis Diturunkan ke Kluet Tengah

Pengobatan Gratis, Dokter Spesialis Diturunkan ke Kluet Tengah
Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran saat membuka acara Bakti Sosial Pengobatan dan Pelayanan Kesehatan Bergerak - Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) di lapangan upacara SDN Koto Indarung, Kecamatan Kluet Tengah, Selasa malam (23/11/2021). (Foto: IST).

Metropolis.id Pemerintah Aceh bekerja sama dengan Pemerintah Aceh Selatan menggelar Bakti Sosial Pengobatan dan Pelayanan Kesehatan Bergerak - Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) yang terpusat di Gampong Koto Indarung dan Gampong Alur Kejruen, Kecamatan Kluet Tengah. 

Pengobatan dan pelayanan kesehatan oleh Pemerintah Aceh dan Aceh Selatan ini digelar melalui Dinas Kesehatan Aceh dan RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh serta Dinas Kesehatan dan RSUD Yuliddin Away Tapaktuan.

Rangkaian pelaksanaan kegiatan dimulai sejak keberangkatan tim dari Banda Aceh pada 22 November 2021, sampai dengan kembalinya pada 27 November 2021.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, pada Selasa malam (23/11/2021) bertempat di lapangan upacara SDN Koto Indarung, dihadiri Tim Bakti Sosial DTKP, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Plt. Direktur RSUD Yuliddin Away, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Camat Kluet Tengah beserta jajaran, dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Tgk. Amran menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim dari Dinas Kesehatan Aceh beserta para dokter spesialis yang telah tiba di Kluet Tengah, seraya mengarapkan agar kegiatan bakti sosial ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat setempat.

Selanjutnya, Tgk. Amran juga mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para dokter yang ada.

“Bapak dan ibu sekalian, saudara kami, para orang tua kami, hari ini telah datang di hadapan kita semua, tim dokter dari berbagai bidang keahlian atau spesialisasi. Diantaranya, spesialis penyakit dalam, saraf, kandungan, THT, serta gigi dan mulut. Biasanya kita yang harus jauh-jauh menemui bapak dan ibu dokter ini ke pusat kabupaten, bahkan ke ibukota provinsi di Banda Aceh," ujar Bupati.

Oleh karena itu, harap Bupati, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, mari lakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan keluhan yang dialami.
Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah dalam memberikan dan mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Pada kesempatan ini, dr. Rais Husni Mubarak, mewakili Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak DTPK, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan yang telah memfasilitasi kegiatan yang dilaksanakan, seraya menyampaikan bahwa kegiatan pengobatan ini juga akan dirangkai dengan penyuluhan kesehatan, dengan harapan agar tujuan mendekatkan pelayanan kesehatan spesialistik kepada masyarakat benar-benar terlaksana.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati dan jajaran, yang telah menyambut kami bersama rombongan. Kami mengapresiasi sambutan hangat yang diberikan, seraya mengharapkan agar pelaksanaan kegiatan ini benar-benar mendapat atensi dari masyarakat, sehingga kehadiran kami di sini benar-benar dapat memberikan manfaat," sebutnya.

"Kami juga berharap, ke depan, kami dapat kembali lagi ke Kabupaten Aceh Selatan, untuk melaksanakan program bakti sosial di kecamatan dan gampong lainnya,” beber dr. Rais.

Berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Fakhrizal, S.Kep., M.Kes, animo masyarakat untuk mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan sangat tinggi. 

Tercatat pada Rabu siang (24/11/2021), yakni hari pertama kegiatan bakti sosial mulai dilaksanakan, lebih dari 280 orang telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Tim dari Provinsi Aceh akan melanjutkan perjalanan ke Gampong Alur Kejruen pada Rabu sore, untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dan pelayanan kesehatan di sana.

Rubrik:Aceh Selatan