Breaking News

Pengeboran Minyak Ilegal Kembali Marak di Aceh Tamiang

Pengeboran Minyak Ilegal Kembali Marak di Aceh Tamiang

KUALA SIMPANG, METROPOLIS.id | Aktivitas penambangan minyak ilegal bukan hal baru di Kabupaten Aceh Tamiang.

Meski dilarang oleh pemerintah setempat melalui instansi terkait, namun eksploitasi minyak secara ilegal kian menjadi-jadi dan meresahkan masyarakat.

Baru-baru ini aktivitas penambangan minyak mentah secara liar ditemukan di Dusun Rel, Kampung (Desa) Semadam, Kabupaten Aceh Tamiang.

Untuk diketahui, pemerintah daerah setempat melalui Distamben dan instansi terkait lain pada tahun 2018 lalu telah melarang dan menutup aksi Ilegal sumur minyak yang diproduksi oleh masyarakat setempat.

METROPOLIS.id melakukan pemantauan langsung ke lokasi pengeboran minyak yang berlokasi di perkebunan warga setempat. Tampak aktivitas pengeboran minyak dilakukan secara terbuka, tanpa memikir keselamatan pekerja maupun warga sekitar.

Hingga berita ini kirim ke redaksi Senin malam (2/12/2019), aktivitas eksploitasi dan produksi minyak bumi ilegal masyarakat masih terus berlanjut dan belum ada tindakan tegas dari Pemerintah Daerah Aceh Tamiang untuk menyetop aksi berbahaya itu. 

Paving Engineering Perminyakan Edi Syaputra Al Buchari mengatakan, kegiatan tersebut jelas mambahayakan keselamat mereka dan juga keselamatan warga sekitar.

Disamping itu, tambahnya, aktivitas tetsebut bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 Tentang Tata Cara Eksplorasi dan Eksploitasi Minyak dan Gas Bumi.

"Saya berharap agar Pemerintah Daerah dan intansi terkait segera mengambil tindakan tegas untuk menghentikan aksi tersebut, sebelum banyak korban jiwa yang berjatuhan," imbuhnya.

"Bila perlu penjarakan mereka, kalau masih juga membandel sebagaimana dimaksud dalam UU No. 22 tahun 2001, sebagai mana diatur dalam pasal 51 ayat (1) dan (2)."

Dia mengingatkan kejadian terbakarnya tambang minyak liar dua tahun lalu di Peureulak, Aceh Timur yang memakan banyak korban jiwa.

Dia memastikan, bila hal tersebut dibiarkan akan muncul aksi illegal drilling lainnya yang mengancam kehidupan dan lingkungan di sekitar wilayan tersebut.

“Jika ini tidak segera diambil tindakkan, dikawatirkan semakin menjamur praktik pengeboran sumur minyak illegal di wilayah kita, dan akan membuat resah warga di sekitarnya,” tegasnya.

Rubrik:Daerah