Pendaftaran CPNS Akan Kembali Dibuka Tahun Ini?

Pendaftaran CPNS Akan Kembali Dibuka Tahun Ini?
ILUSTRASI cpns. ©2018 liputan6.com

METROPOLIS.id | Proses perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 hingga kini masih terus berlanjut. Dalam waktu dekat akan digelar tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan terus berlangsung hingga awal Maret 2020.

Rencananya, seluruh tahap perekrutan CPNS 2019 bakal selesai pada pertengahan 2020. Setelah itu, apakah pendaftaran CPNS akan kembali dibuka pada tahun ini?

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Andi Rahadian mengatakan, pemerintah saat ini masih berfokus menyelesaikan tahap perekrutan CPNS 2019.

"Kalau CPNS kan sekarang masih fokus dulu dengan yang 2019, ini belum selesai. SKD-nya saja masih belum selesai. Habis SKD masih ada SKB, kayanya masih sampai bulan Mei (2020). Jadi kita masih lihat dulu perkembangannya," jelasnya di Jakarta, Rabu (12/2).

Berdasarkan target pemerintah, seluruh proses perekrutan CPNS 2019 akan berakhir dalam tahap usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) yang direncanakan berlangsung hingga pertengahan Juni 2020.

Sebelum itu digelar, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menyampaikan pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada 1 Mei 2020.

Fokus Evaluasi Perekrutan CPNS 2019

Saat ditanya kepastian apakah pendaftaran CPNS akan kembali dibuka di 2020, Andi menyampaikan, Kementerian PAN-RB terlebih dahulu masih harus mengevaluasi hasil perekrutan CPNS 2019.

"Nanti kita lihat. Kita belum mengevaluasi perekrutan pengadaan CPNS tahun 2019. Seperti sebelumnya kan ada masa sanggah, kita harus lihat masa sanggahnya berhasil atau tidak," ungkapnya.

"Jadi masih banyak faktor, karena kita juga masih nunggu dari daerah. Informasi dari daerah juga kita belum tahu mau dibukanya berapa," dia menandaskan.

Rubrik:Daerah
Sumber:MERDEKA.COM/Liputan6.com