Lebaran SBA

Pemkab Abdya Wacanakan Tes Urine Calon Pj Kades

Pemkab Abdya Wacanakan Tes Urine Calon Pj Kades
Wakil Bupati Abdya, Muslizar

metropolis.id Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mewacanakan tes urine terhadap 152 calon Pj kepala desa (kades), sebelum dilantik pada awal Mei 2021 mendatang. 

Tes urine ini bertujuan untuk mengetahui apakah para calon Pj kades tersebut mengkonsumsi narkoba atau tidak.

Wakil Bupati Abdya, Muslizar mengatakan, wacana ini dinilai penting untuk dilakukan. Selain bertujuan untuk menciptakan pemerintahan desa yang bersih,  juga bertujuan memutus mata rantai penyebaran narkoba.

"Dengan begitu dapat tercipta perangkat desa yang bisa menjadi garda terdepan pencegahan di tingkat desa mereka masing-masing," kata Wabup Muslizar, Rabu (28/4/2021). 

Jika hasil tes nantinya positif, tambah Wabup, maka selain sang calon gagal dilantik menjadi Pj kades di desanya, calon itu juga akan dimasukkan ke panti rehab.

"Kalau ada yang positif maka akan langsung diganti dengan calon baru yang benar-benar bebas dari narkotika untuk dilantik, dan yang positif itu akan direhap," terang Wabup.

Wabup mengatakan, gerakan memutus mata rantai narkotika tidak hanya dilakukan oleh pemerintah kabupaten semata, namun juga ditingkat pemerintahan desa.

"Narkoba selain haram secara agama dan melaggar secara hukum, juga merusak generasi bangsa kedepan untuk itu perlu kita tindak tegas hingga ke akar-akarnya," kata Wabup.

Lebih lanjut Muslizar mengatakan, langkah ini diambil juga berkaitan dengan kasus seorang perangkat desa di Kecamatan Blangpidie yang ditangkap beberapa waktu lalu akibat mengkonsumsi narkotika.

"Hal ini juga berkaitan dengan tertangkapnya seorang Sekdes yang terlibat dengan barang haram itu. Ini sangat disayangkan, ketika semua pihak di Abdya sedang gencar-gencarnya mengkampayekan bahaya narkoba, malah ada perangkat desa yang terlibat," sebut Wabup.