Nuzhulul Ulfa, Siswi MAN 4 Aceh Besar Raih Perunggu pada Osebi Tingkat Nasional

Nuzhulul Ulfa, Siswi MAN 4 Aceh Besar Raih Perunggu pada Osebi Tingkat Nasional
Nuzhulul Ulfa saat menerima penghargaan dari pihak sekolah.

JANTHO, metropolis.id Nuzhulul Ulfa, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Aceh Besar meraih medali Perunggu pada Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (Osebi) Nasional tingkat SMA, katagori Menulis Esai, Minggu (21/2/2021).

Anak dari pasangan Syukri dan Eliyah dalam olimpiade ini mengangkat tulisan dengan judul “Tradisi Memasak Kuah Beulangong oleh Masyarakat Aceh Besar sebagai Cerminan Sikap Gotong Royong”.

Tulisan tersebut berhasil mengantarkan Nuzhulul Ulfa ke-10 besar dengan peringkat 5. Ulfa mampu menyisihkan 1.000 lebih penulis esai yang mendaftar.

Nuzhulul Ulfa juga telah mendapat penghargaan dari Bupati Aceh Besar saat peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 atas prestasi 5 besar olimpiade tersebut.

Selanjutnya, Ulfa memasuki babak final dengan mengikuti Tes Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI), menulis esai, dan tes wawancara. Judul yang diangkat adalah “Dampak Teknologi dan Tantangannya”.

Dengan judul tersebut, Nuzhulul Ulfa meraih Perunggu atau Peringkat 3 Tingkat Nasional membawa nama Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar.

Apresiasi keberhasilan Nuzhulul Ulfa langsung datang dari Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, DR. H. Iqbal, S.Ag. M.Ag. Selain kanwil, pihak MAN 4 Aceh Besar bersama komite juga memberikan penghargaan langsung kepada Nuzhulul Ulfa dan pembimbing, Eva Maulida, S.Pd. M.Pd saat upacara bendera di Lapangan MAN 4, Aceh Besar, Senin (22/2/2021).

Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Komite MAN 4 Aceh Besar, H Musannif, SE didampingi Kepala Madrasah, Hj Nuranifah, S.Ag.

Musannif dalam sambutan singkatnya di depan para guru dan siswa MAN 4 Aceh Besar mengatakan sangat senang atas perolehan prestasi yang telah diraih Nuzhulul Ulfa.

"Keberhasilan Ulfa menunjukkan, tidak ada perbedaan antara siswa yang sekolah di ibu kota dengan siswa yang berada di provinsi atau pun perdesaan. Asal punya tekat dan keinginan yang kuat serta sungguh-sungguh maka semua akan dapat diraih," katanya.

Komite MAN 4 Aceh Besar akan selalu memberikan dukungan baik secara moral maupun materi terhadap kelangsungan pendidikan.

"Dan akan terus mencari cara dan dana untuk meningkatkan mutu pendidikan," ucap Musannif.

Rubrik:Aceh Besar