Masyarakat Resah, Abrasi Pantai di Gampong Pasir Aceh Barat Makin Meluas

Masyarakat Resah, Abrasi Pantai di Gampong Pasir Aceh Barat Makin Meluas

MEULABOH, METROPOLIS.id | Abrasi pantai di Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat semakin parah dalam beberapa hari terakhir.

Gelombang pasang purnama pada Kamis (21/5/2020) sekira pukul 04.00 WIB, mengikis daratan hingga beberapa meter. Air laut juga dilaporkan masuk ke  dalam rumah warga lantaran tanggul pemecah ombak tidak berfungsi.

Dampak dari gelombang pasang purnama itu, membuat sejumlah penduduk yang bermukim  berdekatan dengan bibir pantai semakin cemas.

Seperti salah satu rumah warga bernama  Awie Baron, yang saat ini bagian pondasi rumahnya mulai terkikis. Bahkan tembok rumah juga terus terkena hantaman gelombang pasang.

“Selama tanggul itu rusak, kami yang tinggal di bibir pantai ini mulai resah, bahkan tidur pun kami tak nyenyak lagi. Gelombang air laut sangat mudah masuk ke rumah warga,” katanya.

Karena takut rumahnya ambruk, Awie dibantu pemuda setempat bergotong royong membangun tanggul darurat dari tumpukan karung berisi pasir untuk menahan abrasi.

‘’Hanya ini yang bisa kami lakukan supaya air laut tidak terlampau mengikis pondasi rumah,” katanya.   

Sementara itu, geuchik gampong setempat, Hendra Gunawan mengatakan, sampai saat ini sudah 10 kepala keluarga (KK) yang terdampak akibat gelombang pasang.

Ia berharap agar pemerintah setempat melalui dinas terkait segera melakukan penanggulangan abrasi agar rumah-rumah warga tidak ambruk.

“Kita berharap semoga pemerintah segera menangani bencana ini, terutama tanggul untuk pemecah ombak segera diperbaiki kembali, jangan sampai semakin parah,” kata Hendra.

Rubrik:Aceh Barat
PT SBA