Manfaat Jahe untuk Kecantikan yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Jahe untuk Kecantikan yang Belum Banyak Diketahui
Ilustrasi Jahe / Foto: iStock

metropolis.id Manfaat jahe sangatlah banyak. Tidak hanya bagi kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kulit dan kecantikan. Jahe sendiri adalah salah satu bahan alami yang cukup sering dijadikan sebagai obat. Sudah sejak lama jahe dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit seperti sakit perut, mual, dan flu.

Selain karena itu, jahe juga banyak dipilih karena mudah ditemukan dan digunakan. Untuk menghilangkan rasa mual, kamu bisa mencampurkan beberapa irisan jahe segar ke dalam teh atau minumanmu. Kamu juga bisa menggunakan jahe sebagai bumbu masak dan mencampurkannya ke dalam hidangan favoritmu.

Namun tak hanya sampai disitu saja, jahe ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi kecantikan. Seperti dikutip dari Byrdie, berikut ini 5 manfaat jahe bagi kecantikan yang belum banyak diketahui.

1. Memudarkan Bekas Luka

Jahe memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi munculnya bekas luka hipopigmentasi, bekas luka yang terlihat lebih putih atau lebih cerah dari warna asli kulitmu.

Caranya mudah, cukup dengan mengoleskan seiris jahe segar ke kulitmu yang memiliki warna lebih terang dan biarkan hingga kering. Kamu bisa melakukan hal ini setiap hari sebanyak 1 sampai 2 kali. Dalam beberapa bulan, bekas lukamu akan mulai memudar. Namun pastikan terlebih dahulu jika kulitmu tidak alergi terhadap jahe.

2. Meremajakan Kulit

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jahe mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kulit dan kecantikan. Mengkonsumsi jahe secara langsung ataupun mengoleskannya secara topikal dapat membuat kulit terhindar dari penuaan.

Selain itu kandungan antioksidan dalam jahe juga bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas, meratakan warna kulit, serta meningkatkan elastisitas. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih muda dan cantik.

Jika kamu ingin menggunakannya sebagai masker, kamu bisa membuat masker jahe dengan cara mencampurkan jahe parut atau bubuk dengan madu dan jus lemon. Diamkan hingga 30 menit lalu bilas. Kamu bisa menggunakannya setiap 2 minggu sekali.

3. Menyuburkan dan Memperkuat Rambut

ilustrasi rambutManfaat jahe untuk menyuburkan dan memperkuat rambut. Foto: iStock
Manfaat jahe yang satu ini mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang. Jahe ternyata dapat memperbaiki sirkulasi ke kulit kepalamu. Hal itu cukup penting untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Kandungan vitamin, mineral, dan asam lemak dalam jahe juga dapat memperkuat helaian rambutmu serta mengurangi kerontokan. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang satu ini kamu bisa menjadikannya sebagai masker rambut.

Caranya mudah, cukup dengan mencampurkan jahe parut dan minyak jojoba dengan jumlah perbandingan yang sama. Selanjutnya oleskan campuran tersebut pada kulit kepalamu sambil memijatnya. Setelah 30 menit, keramas hingga bersih.

4. Menghilangkan Ketombe

Jahe memiliki kandungan antiseptik dan anti peradangan yang sangat berguna bagi kulit kepalamu. Kandungan tersebut dipercaya dapat menghilangkan ketombe yang ada di rambutmu.
Untuk menjadikan jahe sebagai penghilang ketombe caranya cukup mudah. Kamu bisa menggunakan minyak jahe atau campuran jahe parut dengan minyak zaitun atau minyak wijen dengan perbandingan 2:3. 2 untuk jahe parut dan 3 untuk minyak zaitun atau wijen.

Setelahnya oleskan campuran tersebut ke kulit kepalamu dan diamkan selama 15 hingga 25 menit lalu bilas bersih. Kamu bisa menggunakannya setiap dua kali seminggu.

5. Membantu Memerangi Selulit

Selain manfaat-manfaat di atas, jahe juga dipercaya dapat mengurangi selulit. Jahe dapat merangsang sirkulasi dan membantu mengencangkan kulitmu. Kamu bisa menjadikan jahe sebagai lulur dengan cara mencampurkannya dengan beberapa bahan alami lainnya. Campurkan 2 sendok makan jahe parut dengan setengah cangkir gula, seperempat cangkir minyak zaitun, serta lemon. Kamu bisa menyimpan sisayang belum terpakai di kulkas setelahnya.

Walaupun jahe merupakan bahan alami yang cukup aman bagi kulit, tetapi kamu tetap harus berhati-hati, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif dan ingin langsung mengoleskan jahe segar ke kulitmu. Pastikan terlebih dahulu bahwa kulitmu tidak alergi terhadap jahe sebelum memutuskan untuk memakai dan memperoleh manfaat jahe tersebut. Selamat mencoba!

Rubrik:Gaya Hidup
Sumber:detik.com