Manajemen PT Laot Bangko Dilaporkan ke Polisi

Manajemen PT Laot Bangko Dilaporkan ke Polisi

SUBULUSSALAM, METROPOLIS.id | Warga Desa Kuta Cepu, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam melaporkan manajemen PT Laot Bangko ke Mapolres Subulussalam.

Perusahaan yang beroperasi di bidang perkebunan kelapa sawit di Kota Subulussalam itu dilaporkan dengan dugaan tindak pidana pengusaan lahan yang legalitasnya cacat secara hukum.

Salah seorang warga Kuta Cepu, Pundeh Sinaga Kepada METROPOLIS.id mengatakan, pihaknya telah membuat laporan secara resmi ke Mapolres Subulussalam pada tanggal 12 Februari 2020, dengan bukti lapor Nomor : BL/ 05/II/2020/Reskrim.

Surat tanda keterangan bukti lapor.(Foto: IST)

"Kami masyarakat Kuta Cepu sudah melaporkan managemen PT Laot Bangko ke Mapolres Subulussalam dan laporan itu dibuat atas nama saya sendiri" kata Pundeh Sinaga, Selasa (18/2/2020).

Dikatakannya, warga Kuta Cepu menduga pihak managemen PT Laot Bangko telah melakukan pelanggaran yang harus dipertanggungjawabkan secara hukum. Manajemen PT Laot Bangko diduga telah melanggar Pasal  105 dan Pasal 109 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014  Tentang Perkebunan.

Baca: Gelombang Penolakan Perpanjangan HGU PT Laot Bangko Semakin Kencang

Kata dia, izin HGU PT Laot Bangko telah berakhir pada 31 Des 2019 dan belum memperoleh izin baru. Kemudian kata Pundeh, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit itu belum mengantongi izin amdal dari Lembaga Komisi Amdal.

"Sebenarnya sangat banyak pelanggaran yang dilakukan oleh manajemen perusahaan Laot Bangko, makanya kami bermusyawarah agar dilaporkan ke penegak hukum" kata Pundeh Sinaga.

Pundeh bersama masyarakat Kuta Cepu mengharapkan dukungan dari lembaga DPR Subulussalam, agar memberikan pembelaan kepada masyarakat dengan cara menghentikan semua kegiatan operasional di PT Laot Bangko.

Sementara itu, General Manager PT Laot Bangko Ali Sabri, dikonfirmasi via selularnya terkait laporan tersebut belum merespon. Pesan WhatsApp yang dikirim juga belum terbalas hingga berita ini diunggah.

Rubrik:Subulussalam