LSM Gemta Duga Bantuan Bebek Petelur di Agara Tidak Tepat Sasaran

LSM Gemta Duga Bantuan Bebek Petelur di Agara Tidak Tepat Sasaran

KUTACANE. METROPOLIS.id | Program bantuan ternak bebek petelur yang disalurkan Dinas Pertanian Aceh Tenggara dinilai kurang tepat sasaran.

Untuk diketahui, program penyaluran bantuan ternak bebek petelur Dinas Pertanian Aceh Tenggara mengalokasikan dana DAU Rp 8,8 Miliar untuk pengadaan bebek petelur mencapai 88.000 ekor.

"Bantuan yang disalur Dinas Pertanian ini disinyalir tidak sesuai dengan kriteria penerima bantuan," kata Ketua LSM Gerakan Muda Tanah Alas (Gemta) Aceh Tenggara, Noris Ellypian. S. pd, Selasa (17/12/2019).

Bahkan, kata Noris, hasil penelusuran mereka bantuan ternak bebek petelur itu dibagikan kepada orang-orang terdekat.

"Sebagian penerima bukan peternak itik. Bahkan kita mensinyakir bantuan ini sudah banyak yang dijual, sehingga perogam ini terancam gagal," katanya.

Sesuai dengan kriteria penerima bantuan, kata dia, seharusnya peternak yang menerima bantuan memiliki kandang itik permanen.

"Minimal berdinding tepas dan beratapkan rumbia. Namun di lapangan banyak ditemui kandang itik penerima bantuan tidak sesuai, hanya beratap dan berdinding plastik," katanya. 

Noris menilai, wacana swasembada itik petelur yang diprogramkan oleh Pemkab Aceh Tenggara hanya sebatas program balas jasa terhadap tim pemenangan Raidin - Bukhari (RABU) yang telah memenangkan mereka di Pilkada Tahun 2017.

"Kita berharap program bantuan dari Pemkab Agara untuk lebih memperhatikan azas anggaran yang mengutamakan tepat guna dan tepat sasaran, bukan untuk dipergunakan hanya bagi orang-orang terdekat," pungkas Noris. | SAMSURI

Rubrik:Daerah