Breaking News

Lima Tips Melipat & Menyimpan Hijab Agar Tidak Kusut & Berkerut saat Dipakai

Lima Tips Melipat & Menyimpan Hijab Agar Tidak Kusut & Berkerut saat Dipakai
Ilustrasi Hijab Foto: Shutterstock/MawardiBahar

METROPOLIS.id Bagi perempuan berhijab, hijab atau kerudung merupakan salah satu item yang sangat penting. Karena itulah, para hijaber akan melakukan berbagai cara agar hijabnya tetap maksimal dan juga on point.

Namun saat memakai hijab sendiri, beberapa perempuan kerap mengeluhkan hijab yang kusut dan berkerut terutama di bagian tengah atau tepat di atas dahi. Kondisi ini tentu sangat menjengkelkan. Pasalnya, selain bisa membuat penampilan jadi tak maksimal, lipatan pada kerudung itu juga membuat Anda harus menyetrikanya sesaat sebelum digunakan.

Sebetulnya ada beberapa hal yang menyebabkan hijab kusut dan berkerut saat dipakai. Kesalahan yang paling umum terjadi adalah salah dalam melipat hijab. Selain itu, cara menata atau menyimpan hijab juga terkadang tidaklah tepat.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa tips agar hijab tidak kusut atau berkerut saat dipakai seperti dilansir kumparanWOMAN. Mulai dari cara melipat hingga menyimpan kerudung di lemari, simak informasinya di bawah ini.

1. Jangan melipat hijab di area yang sama

Melipat hijab yang di area (lipatan) yang sama secara berulang-ulang bisa menyebabkan timbulnya bekas lipatan permanen. Tak hanya itu, hijab juga akan mudah sobek jika terus-menerus dilipat di area yang sama. Karena itulah, pastikan agar Anda tidak melipat hijab di area lipatan yang sama, ya Ladies!

2. Jangan menumpuk hijab terlalu lama

Sebetulnya hijab merupakan salah satu item yang tidak disarankan untuk ditumpuk di dalam lemari, apalagi ditumpuk dengan pakaian yang lain dalam jangka waktu yang lama. Sebab, hijab yang dilipat dan ditumpuk akan meninggalkan garis lipatan yang sulit hilang bahkan setelah dicuci dan disetrika. Akan lebih baik, jika hijab digantung di dalam hanger pakaian atau hanger khusus untuk hijab.

3. Gantung hijab di hanger pakaian

Cara penyimpanan hijab terbaik adalah dengan menggantungnya di hanger. Saat menggantung hijab ini, Anda bisa menggunakan hanger khusus hijab atau menggantung hijab satu per satu di hanger pakaian.

Namun, sebelum menggantung hijab di hanger, pastikan Anda telah menyetrika hijab terlebih dahulu hingga rapi. Kemudian lipat hijab secara horizontal tanpa menekan atau menyetrika lipatannya, karena bisa membuat bagian tengah menekuk atau tidak melengkung secara sempurna sata dipakai.

Setelah dilipat, Anda bisa menggantungkan hijab di hanger. Untuk menghemat ruang di lemari pakaian, Anda bisa menumpuk dua atau tiga hijab dalam satu hanger.

4. Coba gulung hijab dalam karton atau kardus

Untuk alternatif lainnya, Anda bisa mencoba menggulung hijab dalam gulungan karton atau kardus bekas berbentuk bulat. Metode ini kabarnya bisa menghindari munculnya bekas lipatan atau kerutan permanen.

Tapi sebelum menggulung hijab dalam karton atau kardus, Anda perlu melipat hijab menjadi dua bagian agar tidak terlalu panjang ketika ditaruh di dalam lemari. Dengan cara ini, hijab akan bebas dari bekas lipatan yang mengganggu saat dikenakan.

5. Letakkan hijab di dalam kotak khusus yang bersekat

Kotak atau laci yang memiliki sekat juga bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan hijab. Menyimpan hijab dengan cara ini juga tergolong sangat praktis, karena bisa menghemat tempat dan tidak perlu memerlukan hanger.

Namun sebelum Anda menyimpan hijab di dalam kotak, Anda perlu melipat hijab dengan cara yang benar. Caranya adalah dengan membuat tiga lipatan pada hijab dan pastikan bagian tengah tidak ikut terlipat. Setelah itu, lipat lagi menjadi persegi yang lebih kecil. Jika sudah, gulung hijab dan simpan pada kotak yang telah Anda sediakan.

Rubrik:Fashion Hijab
Sumber:KUMPARAN.COM