Legislator ini Dorong BPBD Aceh Singkil Tambah Armada Pemadam

Legislator ini Dorong BPBD Aceh Singkil Tambah Armada Pemadam
Ketua Komisi III DPRK Aceh Singkil, H. Mairaya

SINGKIL, METROPOLIS.ID Ketua Komisi III DPRK Aceh Singkil, H. Mairaya, meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk menambah armada pemadam kebakaran.

Menurut politisi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini, kinerja BPBD Aceh Singkil dalam menanggulangi bencana harus maksimal terutama pada bencana kebakaran.

“Kita sudah memberitahukan ke BPBD untuk mengusulkan penambahan armada pada tahun 2021,” kata Mairaya, kepada metropolis.id, Kamis (15/10/2020).

Sejauh ini, kata dia, kinerja BPBD dalam menanggulangi bencana setiap tahun sudah baik. Hanya saja BPBD perlu melakukan penambahan armada, sehingga bisa mengcover semua wilayah di Aceh Singkil.

“Kita siap mengawal usulan BPBD ini guna menunjang kinerja petugas di lapangan,” katanya.

Selain itu, Mairaya juga mengimbau agar BPBD setempat melakukan peremajaan pada armada yang sudah ada.

"Kita juga sudah beritahu kepada Kepala BPBD agar mengusulkan peremajaan pada semua mobil damkar di kecamatan,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Aceh Singkil, Mohd Ichsan, mengatakan saat ini BPBD setempat memiliki 9 unit armada. Jumlah tersebut, kata dia, belum efektif untuk mengcover semua kecamatan di Aceh Aceh Singkil.

Kepala BPBD Aceh Singkil, Mohd Ichsan

“Selain itu armada yang ada sudah lebih dari 10 tahun dan sudah layak dilakukan peremajaan,” katanya.

Lebih lanjut Ichsan mengatakan, pihaknya sudah pernah melakukan usulan penambahan armada pada tahun 2020. Namun, usulan itu tidak terakomodir.

Padahal, kata dia, pengadaan armada baru itu sangat dibutuhkan mengingat beberapa wilayah di Aceh Singkil seperti di kepualauan belum bisa dicover akibat kekurangan armada.

“Pemadam di kepulauan masih kosong, dan sangat dibutuhkan. Rencana tahun 2021 akan kita usulkan lagi. Jika anggaran memungkinkan, Insyaallah armada lama akan direkondisikan semua. Mudah-mudahan apa yang direncanakan ini dapat terkabul,” harapnya.

Rubrik:Aceh Singkil