Breaking News

Laut Lhoknga Tercemat Tumpahan Batu Bara, Mahasiswa Minta PT SBA Bertanggungjawab

Laut Lhoknga Tercemat Tumpahan Batu Bara, Mahasiswa Minta PT SBA Bertanggungjawab

BANDA ACEH, METROPOLIS.id | Sejunmlah mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Lhoknga berunjuk rasa di Tugu Simpang Lima Banda Aceh, Kamis (7/11/2019).

Aksi itu mereka lakukan untuk meminta perusahaan semen PT Solusi Bangun Andalas (SBA) bertanggungjawab terhadap sisa tumpahan batubara di Pantai Lhoknga, yang mengakibatkan tercemarnya laut setempat.

Dalam aksinya, peserta membawa poster bertuliskan bersihnya batu bara nelayanku bahagia!; ikan mati menunggu janji PT. SBA; Jangan hancurkan lautku hanya untuk kepentingan bisnismu; penguasa yang lupa diri dan berbagai tulisan lainnya.

Koordinator aksi, Rizki Mubarak Alkalam dalam orasinya mengatakan, pasca tumpahnya batu bara beberapa waktu lalu kondisi pantai Lhonga sangat memprihatinkan.

Dalam hal ini, kata dia, PT SBA bertanggung jawab atas tercemarnya laut Lhoknga dan rusaknya ekosistem laut.

"Setelah survei ke lokasi, kami menemukan ikan buntal yang mati karena batu bara," ujarnya.

Atas temuan itu, mereka menuntut agar PT. SBA membersihkan tumpahan batu bara dengan maksimal dan bertanggung jawab sepenuhnya.

Selain itu, mereka juga menuntut agar pemerintah daerah turut menyelesaikan permasalahan di Lhoknga.

"Kami datang kemari untuk menunjukkan ketidakseriusan pemerintah Aceh Besar. Hingga saat ini masyarakat Lhoknga terzalimi, untuk mandi saja susah dan pendapatan para nelayan menurun drastis," ujar salah satu mahasiswa dalam orasinya.

Jika aksi yang mereka lakukan saat ini tidak digubris oleh pihak terkait, para mahasiswa tersebut akan kembali lagi melakukan aksi bersama masyarakat.

Rubrik: