Lantik 58 Kepala SMP, Ini Pesan Asisten II Aceh Timur

Lantik 58 Kepala SMP, Ini Pesan Asisten II Aceh Timur
Asisten II Setdakab Aceh Timur Usman A.  Rachman, saat melantik Kepala SMP di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur.  (METROPOLIS.id/Iskandar)

IDI, METROPOLIS.id | Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur, Usman A. Rachman, SP, SH, MM mewakili Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH melantik 58 Kepala SMP di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur.

Prosesi pelantikan dan pemberhentian kepala sekolah itu berlangsung di Aula Gedung Serbaguna Pendopo Idi, Senin (17/2/2020).

Usman A. Rachman dalam sambutan dan arahanya mengatakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur telah melakukan rekruitmen dalam rangka menyiapkan calon kepala sekolah berdasarkan proyeksi kebutuhan yang akan datang.

“Rekrutmen calon kepala sekolah dilaksanakan secara transparan dalam setiap tahapan seleksi, lalu calon kepala sekolah hasil seleksi tersebut secara bertahap diangkat sebagai kepala sekolah,”katanya.

Untuk itu, kepala sekolah sebagai seorang pemimpin, harus bisa memberi teladan atau contoh tindakan yang baik bagi guru, siswa maupun tenaga kependidikan.

“Kepala sekolah harus bisa menciptakan prakarsa dan ide untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya masing-masing,” sebut Usman A. Rachman.

Selain itu kepala sekolah harus bisa memberikan dorongan dan arahan kepada guru, siswa maupun tenaga kepedidikan untuk berprestasi lebih baik dalam hal mendididik dan memajukan sekolah.

Sebelum mengakhiri sambutannya, kepada kepala sekolah yang telah melaksanakan masa tugasnya dan kembali menjadi guru diharapkan terus membangun mutu pendidikan dan karakter siswa.

"Karena dimanapun PNS bekerja harus memberikan manfaat bagi organisasi. Profesi guru adalah profesi yang sangat mulia karena menyampaikan ilmu kepada Siswa, ilmu yang bermanfaat adalah amal yang tak pernah putus oleh kematian,” demikian pungkas Usman A. Rachman.

Turut hadir diantaranya Ketua MAA Kabupaten Aceh Tgk Allauddin SE; anggota MPD Kabupaten Aceh Timur, Baharuddin; Kasi Mutasi BPSDM Kabupaten Aceh Timur, M Nur; Koordinator wilayah Peureulak, Syamaun; Koordinator Wilayah Ranto Peureulak, Hasbi.

Rubrik:Aceh Timur