Breaking News

KPH Babat Puluhan Hektar Tanaman Sawit di Area Hutan Lindung Aceh

KPH Babat Puluhan Hektar Tanaman Sawit di Area Hutan Lindung Aceh

SUBULUSSALAM, METROPOLIS.id | Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Wilayah VI Subulussalam membabat puluhan hektar tanaman sawit milik masyarakat di sepanjang aliran Sungai Soraya Kampong Pasir Belo, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Kepala KPH VI Subulussalam, Irwandi mengatakan, penertiban tanaman kelapa sawit itu dilakukan karena lokasi tanaman itu berada dalam zona hutan lindung.

"Di lokasi itu tidak diperbolehkan menanam kelapa sawit. Sehingga dilakukan penertiban dengan cara menebang baik yang berusia muda ataupun yang sudah panen (produktif)," kata Irwandi, Kamis (3/10/2019).

Penebangan serupa, kata dia, sudah pernah dilakukan pada tahun 2018 dengan luas area mencapai 16 hektar. "Untuk tahun 2019 direncanakan sekitar 50 hektar," katanya.

Ketika ditanya apakah ada ganti rugi tanaman kelapa sawit yang ditebang kepada masyarakat, Irwandi enggan berkomentar. Irwandi mengatakan, penebangan yang dilakukan pihaknya sudah melalui koordinasi yang panjang dengan masyarakat  yang bersangkutan sehingga masyarakat dengan sukarela menyetujuinya.

Sebagai pengganti, katanya, pihaknya akan memberikan bantuan bibit tanaman kehutanan kepada petani untuk ditanam kembali di bekas lahan kelapa sawit yang sudah ditebangi.

"Kita bantu masyarakat dengan memberikan bibit tanaman jengkol, durian, petei, kapur, jenang, dan jenis tanaman hutan lainnya," kata Irwandi.

Untuk teknis penertiban, kata Irwandi, pihaknya telah bekerjasama dengan lembaga donor Forum Komunikasi Lauser (FKL).

"Pihak FKL yang langsung mengkoordinir penebangan di lapangan bersama masyarakat setempat," katanya.

Lebih lanjut Irwandi mengatakan, selama ini masyarakat yang berkebun di sana tergolong ilegal karena  belum mengantongi hak izin kelola hutan,.

"Dengan adanya penertiban seperti ini, masyarakat akan diberikan hak izin kelola. Masyarakat akan diperbolehkan mengelola hutan dengan pemberian hak izin kelola  hutan dengan catatan harus ditanam tanaman yang sudah ditentukan jenisnya," katanya.

Rubrik:Daerah
PT SBA