PT SBA HUT metropolis

Kemeriahan Pawai 1000 Obor Sambut Idul Adha di Padang Tiji Pidie

Kemeriahan Pawai 1000 Obor Sambut Idul Adha di Padang Tiji Pidie
Ribuan masyarakat di Kemukiman Peudaya, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie ikut pawai obor malam takbiran dengan mengelilingi desa.(METROPOLIS.id/GEBRINA)

SIGLI, METROPOLIS.id Masyarakat di Kemukiman Peudaya, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie, menyelenggarakan takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020.

Meski di tengah pandemi Covid-19, ribuan masyarakat setempat melaksanakan malam takbiran dan pawai obor dengan mengelilingi desa.

Mahlizar, ketua pemuda di Kemukiman Peudaya mengatakan, pawai 1000 obor yang dilaksanakan pihaknya itu sudah menjadi tradisi masyarakat di sana dalam menyambut lebaran. Mereka menyalakan 1000 obor sambil bertakbir dan berzikir mengelilingin desa.

Kegiatan ini, kata dia, anggarannya dari swadaya pemuda dan masyarakat. “Tradisi takbir 1000 obor yang dilakukan oleh pemuda ini sudah berjalan senjak 3 tahun yang lalu, dan malam ini sudah jalan tahun ketiga,” katanya kepada metropolis.id, Kamis malam.

Kegiatan ini, kata dia, sejatinya dilakukan setiap malam lebaran Idul Fitri. Karena adanya wabah covid-19 dan pemerintah melarang adanya kerumunan warga, maka diundur dan dilaksanakan pada malam lebaran Idul Adha tahun ini.

“Tradisi ini lebih berfokus kepada meningkatkan kapasitas pemuda gampong, bagaimana mereka bisa meningkatkan kegiatan sosial. Kenapa diadakan di malam lebaran, karena para pemuda tentunya dapat berkumpul dan dapat  fokus terhadap kegiatan yang dilakukan ini,” katanya.

Terkait dengan adanya larangan membuat kerumunan dari pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19, kata dia, pihaknya tetap menjalankan protokol kesehatan saat melaksanakan pawai.

“Masyarakat juga diwajibkan untuk tetap menggunakan masker dan juga jaga jarak. Kemudia kita juga membatasi masyrakat luar yang ingin masuk dalam barisan kita. Tujuannya agar terhindar dari penyebaran covid-19,” terang Mahlizar.

Rubrik:PIDIE
DPRK ABES HUT METROPOLIS
Pemkab Asel hut metropolis
PUPR ACEH BARAT HUT METROPOLIS
IKLAN PLN