Keluarga Mampu hingga Pensiunan PNS Dapat BLT di Pidie

Keluarga Mampu hingga Pensiunan PNS Dapat BLT di Pidie
Penyerahan dana BLT di Gampong Dayah Caleu, Kecamatan Indrajaya, Pidie beberapa hari lalu.

SIGLI, metropolis.id Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19 di Gampong Dayah Caleu, Kecamatan Idrajaya, Pidie, diduga tak sesuai prosedur.

Pasalnya, bukan hanya masyarakat kurang mampu yang mendapatkan BLT-DD tersebut, namun ternyata ada sejumlah keluarga mampu hingga pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menerima bantuan tersebut.

Data yang diperleh metropolis.id, ada tiga warga yang masuk dalam pendataan penerima BLT. Menurut warga, dua penerima manfaat dianggap mampu dan satu keluarga lainnya diketahui sebagai pensiunan PNS.

Camat Indrajaya, Teuku Ikbal dikonfirmasi metropolis.id, Senin (29/6/2020) membenarkannya. Ia mengatakan, hal ini terjadi akibat ada kesalahan saat pendataan.

“Sebab hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdessus), tidak yang complain. Setelah data tersebut ditempelkan di Meunasah, juga tidak ada yang complain. Setelah BLT diserahhkan baru diketahui, " jelasnya.

Menurut Camat, persoalan ini sedang diselesaikan oleh pihak gampong. Bahkan, kata dia, yang bersangkutan sudah membuat surat pernyataan untuk mengembalikan dana yang sudah diterima itu ke kas gampong.

“Sehingga nantinya tidak bermasalah dikemudian hari, apa lagi dalam aturan sudah jelas,  ASN, pensiunan, orang mampu, aparatur gampong tidak dibenarkan menerima BLT,” katanya.

Untuk itu, Ikbal mengingatkan kepada semua geuchik yang ada di Kecamatan Indrajaya agar benar-benar mendata masyarakat penerima BLT sesuai mekanisme yang ada.

“Sebab bagi yang melanggar aturan akan ada tindakan tegas dari pemerintah. Jadi BLT harus diberikan kepada orang yang berhak, " pungkasnya. (MIR)

Rubrik:PIDIE