Kebakaran Hutan Landa Abdya, Polisi Panggil Pihak PT Cemerlang Abadi

Kebakaran Hutan Landa Abdya, Polisi Panggil Pihak PT Cemerlang Abadi
Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, SIK.

BLANGPIDIE, metropolis.id Polres Aceh Barat Daya (Abdya) telah memanggil pihak PT Cemerlang Abadi yang mengelola lahan Hak Guna Usaha (HGU) di Desa Alue Dawah, Kecamatan Babahrot.

Pemanggilan ini guna proses peyelidikan terkait lahan yang terbakar sejak beberapa hari lalu. Polisi mulai melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

"Apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian, itu sedang kita lakukan penyelidikan. Pihak perusahaan sudah kita panggil beberapa hari lalu," kata Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution SIK, Senin (22/2/2021).

Lanjutnya, jika nanti terbukti ada unsur kesengajaan dari perusahaan, pihaknya tidak segan-segan untuk memproses secara hukum. Sebab, tentang Karhutla sudah diatur dalam undang-undang.

"Akan kita tindak, sebab sudah ada aturannya," sebut Kapolres.

Untuk memadamkan api, pihaknya bersama Tim BPBK, TNI dan Polri terus melakukan sejumlah upaya agar api tidak terus menjalar terutama ke pemukiman warga setempat.

"Kita terus berupaya, apalagi medannya tidak terjangkau oleh armada pemadam kebakaran sehingga harus dilakukan dengan cara lain, seperti mengunakan mesin pompa air dan memadamkan lidah api dengan alat manual," ujarnya.

Rubrik:ABDYA