Lebaran SBA

Kapolres Abdya Dukung Wacana Tes Urine Calon PJ Kades

Kapolres Abdya Dukung Wacana Tes Urine Calon PJ Kades
Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, SIK

metropolis Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Muhammad Nasution, SIK mendukung upaya pemerintah setempat atas wacana tes urine untuk 152 calon Pj kepala desa (kades).

Baca: Pemkab Abdya Wacanakan Tes Urine Calon Pj Kades

"Kita siap mendampinginya, apalagi kita merupakan instansi terdepan dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika dan kita berharap tes ini bukan hanya untuk calon Pj kades saja, tapi juga untuk semua aparatur desa, calon PNS dan pejabat publik lainnya," kata Kapolres, Jumat kemarin (30/04/2021).

Kapolres mengatakan, tes urine bagi calon Pj kades perlu dilakukan karena akan berdampak besar bagi masyarakat yang ia pimpin ke depannya.

Menurutnya, masyarakat akan lebih percaya dan merasa yakin bahwa Pj kadds itu layak duduk sebagai pemimpin. 

"Apalagi mereka itu sangat besar tanggungjawab kepada orang-orang yang mereka pimpin," ujar Kapolres.

Dengan telah dites urine, lanjutnya, pemerintah Abdya tidak salah menunjuk pejabat gampong, karena jika belajar dari pengalaman yang sudah-sudah terdapat beberapa aparatur desa yang terlibat dengan narkotika.

"Mudah-mudahan kejadian penangkapan terhadap kades dan sekdes beberapa waktu lalu bisa menjadi pelajaran bagi semua," tuturnya.

Menurutnya, pejabat publik pada umumnya harus aman, steril dan terhindar dari narkoba. Hal itu tentu dapat terdeteksi melalui tes urine, sebab itu pihaknya siap mendampingi pemerintah.

"Kita juga tidak henti-hentinya menghimbau masyarakat untuk menjauhi narkoba, sebab narkoba itu bisa merusak ekonomi, pikiran, badan dan hilangnya rasa kasih sayang pada diri seseorang," katanya.