Jalan Lintas Aceh Besar-Aceh Jaya Tuntas Tahun 2022

Jalan Lintas Aceh Besar-Aceh Jaya Tuntas Tahun 2022

MEULABOH. METROPOLIS.id | Asisten II Pemerintah Provinsi Aceh HT Ahmad Dadek menyatakan pembangunan ruas jalan provinsi di lintasan Jantho, Kabupaten Aceh Besar dengan Lamno, Kabupaten Aceh Jaya akan tuntas pada tahun 2022.

Pada tahun 2019 Pemerintah Aceh telah mengucurkan anggaran sebesar Rp24,3 miliar lebih untuk menuntaskan sejumlah tahapan perencanaan pembangunan di daerah ini.

"Insya Allah jika tidak ada kendala, harapan masyarakat di daerah pantai barat selatan Aceh untuk memanfaatkan jalan di lintasan Jantho-Lamno sebagai jalan alternatif menuju ke Aceh Besar dan Banda Aceh akan segera terwujud. Paling lambat tahun 2022 sudah dapat diungsikan," kata HT Ahmad Dadek, Rabu kemarin (11/12/2019).

Menurutnya, ruas jalan alternatf tersebut saat ini terdapat sepanjang lima kilometer badan jalan yang harus dilakukan penanganan pembangunan, karena kondisi medan yang terdapat jalan yang curam dan dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Pembangunan jalan alternatif tersebut, kata Dadek, sangat dibutuhkan untuk memudahkan akses masyarakat dan mampu mendukung dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Aceh.

Jalan yang dibangun sepanjang sekitar 65 kilometer tersebut, kini hanya tersisa sekitar 19 kilometer yang belum dilakukan pengaspalan, dan terdapat sekitar lima kilometer badan jalan yang harus dilakukan penanganan.

"Pak Plt Gubernur Aceh juga berharap jalan ini dapat dinikmati aksesnya oleh masyarakat paling lambat pada tahun 2022 mendatang," kata Dadek menambahkan.

Komitmen ini dilakukan Pemerintah Aceh untuk membuka akses jalan baru bagi masyarakat di Aceh sehingga diharapkan kemajuan pembangunan di setiap daerah akan lebih maksimal dan maju.

 

Rubrik:Daerah, Aceh Jaya
Sumber:aceh.antaranews.com