Hendak Masuk Aceh Tenggara, Puluhan Kenderaan Disuruh Putar Balik ke Sumut

Hendak Masuk Aceh Tenggara, Puluhan Kenderaan Disuruh Putar Balik ke Sumut
Petugas memeriksa setiap kenderaan yang hendak masuk ke Aceh Tenggara sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Covid-19.(Foto: IST)

KUTACANE, METROPOLIS.id | Setidaknya 40 unit kendaraan dari Sumatera Utara yang hendak masuk ke Provinsi Aceh, disuruh putar balik oleh petugas kepolisian di pos check point Perbatasan Lawe Pakam (Sumatra Utara-Aceh), Kamis 21/5/2020).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH mengatakan, kenderaan tersebut didominasi oleh kenderaan pribadi yang berasal dari Sumatera Utara. Mereka diketahui hendak mudik ke Aceh Tenggara dan beberapa kabupaten lain di dataran tinggi Gayo.

“Ada yang disuruh putar balik dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Aceh Tenggara,” kata Dicky, Kamis.

Dalam pemeriksaan di pos perbatasan Lawe Pakam, Kecamatan Babul Makmur hari ini, kata Dicky, jumlah kenderaan roda empat yang masuk ke Aceh Tenggara sebanyak 40 unit, dengan rincian 25 unit mobil pribadi; 10 unit mobil penumpang dan 5 unit Grand Max.

“Jumlah masyarakat yang tidak dibenarkan masuk ke Aceh Tenggara sebanyak 87, dan telah disuruh bailk ke Sumut,” katanya.

Dalam pemeriksaan itu kata dia, petugas gabungan memeriksa semua penumpang dan setiap penumpang diturunkan untuk dilakukan penyemprotan, pemeriksaan suhu badan.

“Petugas juga mewawancara para penumpang tentang riwayat perjalanan selama satu minggu terakhir. Hasilnya, ODP dan PDP nihil,” katanya.

Pemeriksaan di pos perbatasan, kata dia, melibatkan tim gabungan dari Dinas Kesehatan Aceh Tenggara, Perawat RSUD H. Sahuddin Aceh Tenggara, BNPD Aceh Tenggara, Personil Pospol Perbatasan Lawe Pakam, Personil Posramil Babul Makmur, Sat Pol PP Aceh Tenggara, dan Sat Lantas Polres Aceh Tenggara.

“Pelaksanan pemeriksaan di Pos Perbatasan hingga saat ini masih berlangsung, situasi berjalan dengan aman,” katanya.

Rubrik:Aceh Tenggara
PT SBA