Heboh Kabar Pungli Dana Rumah Bantuan di Agara, Dewan: Lapor ke Penegak Hukum

Heboh Kabar Pungli Dana Rumah Bantuan di Agara, Dewan: Lapor ke Penegak Hukum

KUTACANE, METROPOLIS.id | Anggota dewan utusan Daerah Pilihan (Dapil) 8 Aceh, Kabupaten Aceh Tenggara dan Gayo Lues, Yahdi Hasan, mengajak warga yang menjadi penerima manfaat pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) Tahun 2019, untuk berani melapor. Terutama jika menemukan adanya pungutan liar (pungli) pada program tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Yahdi Hasan, menyusul beredarnya kabar pungli terhadap penerima bantuan rumah layak huni dari Pemerintah Aceh belakangan ini di Aceh Tenggara dan Gayo Lues.

Tak tanggung-tanggung, nominalnya diduga mencapai Rp10 hingga Rp20 juta. Jika penerima manfaat tidak bersedia, bantuan rumah itu disebut-sebut akan dialihkan ke penerima yang lain.

"Kita merasa sangat risih dengan adanya isu yang berkembang, bahwa bantuan rumah layak huni dari Pemerintah Aceh terindikasi pungli. Jika benar, kita minta warga untuk memastikan pelaku indikasi tersebut, kenali mereka, laporkan ke penegak hukum. Sebab ini sudah mencoreng nama Pemerintah Aceh," kata Yahdi, kepada METROPOLIS.id, Rabu (08/01/2020).

Untuk diketahui, kata Yahdi, program Pemerintah Aceh untuk pembangunan rumah layak huni itu tidak dipungut biaya sepeser pun. Penerima manfaat akan menerima bantuan secara penuh setelah diverifikasi oleh dinas terkait.

"Tidak dipungut biaya sepeser pun. Kita minta penegak hukum untuk menindaklanjuti dugaan pungli ini. Jika ada, ditindak sesuai ketentuan," tegas politisi Partai Aceh (PA) ini.

Menurut Yahdi, program tersebut dilaksanakan oleh beberapa instansi, yakni Dinas Perkim Aceh, Dinas Sosial Aceh, Baitul Mal Aceh dan Baitul Mal Kabupaten. 

"Tentu bidang teknis dan verifikasi layak penerima bantuan adalah ketentuan dari pihak dinas yang terkait," kata Yahdi. 

Yahdi berharap, program tersebut berjalan sesuai dengan azas Alanggaran, yaitu tepat guna dan tepat sasaran.

"Program itu akan berlanjut, pada tahun 2020 ini ada 400 unit untuk Kabupaten Aceh Tenggara dan Gayo Lues," katanya.

Rubrik:Daerah