PT SBA HUT metropolis

Hasil Swab, Tiga Warga Aceh Selatan Positif Covid-19, Salah Satunya Dokter Spesialis

Hasil Swab, Tiga Warga Aceh Selatan Positif Covid-19, Salah Satunya Dokter Spesialis
Direktur RSUD Yulidin Away, dr Elizaldi

TAPAKTUAN, METROPOLIS.id Berdasarkan hasil swab yang dikeluarkan Balitbangkes Aceh pada Selasa malam (28/7/2020), tiga warga Kabupaten Aceh Selatan dinyatakan positif Covid-19.

Dari tiga orang tersebut, satu diantaranya merupakan dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Yulidin Away Tapaktuan. Ketiga pasien saat ini dilakukan perawatan intensif di ruang isolasi Rumah Rakit Yuliddin Away Tapaktuan.

Direktur RSUD Yulidin Away, dr Elizaldi membenar kabar tiga pasien covid 19 yang positif berdasarkan hasil swab.

Ketiga pasien tersebut yaitu, W (20) petugas sanitasi RSUDYA; Y (52) Dokter Spesialis Penyakit Dalam; dan seorang pasien dokter tersebut berinisial R (57).

Dari ketiga pasien positif tersebut, kata dia, tidak ada riwayat perjalanan ke luar daerah atau dari wilayah zona merah Covid-19.

Pasien W, kata dia, positif corona diduga karena kontak langsung dengan pasien Covid-19 sebelumnya berinisial I, yang juga petugas sanitasi di ruang khusus Covid-19 RSUDYA.

“Pasien I ini sudah lebih dulu menjalani perawatan dan isolasi di ruang khusus Covid-19,” katanya.

Kasus kedua, kata dia, bermula dari masuknya salah seorang pasien melalui IGD rumah sakit tersebut berinisial R, dari Kecamatan Sawang. Pasien itu ditangani oleh salah seorang dokter spesialis rumah sakit tersebut berinisial Y.

“Pasien inisial R ini, sebelumnya dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasilnya reaktif. Kemudian diambil sample swabnya termasuk dokter spesialis Y meminta di swab juga karena telah melakukan kontak erat dengan pasien R tersebut. Ternyata setelah keluar hasilnya dari Balitbangkes Aceh, keduanya terkonfirmasi positif Covid-19,” katanya.

“Berdasarkan hasil keterangan dari pasien R dari Sawang ini, mengaku bahwa yang bersangkutan tidak ada melakukan riwayat perjalanan dari luar daerah.”

Sampai saat ini, kata dia, masih ada hasil pemeriksaan swab terhadap kontak erat dengan pasien petugas sanitasi inisial I, yang belum keluar hasilnya dari Balitbangkes Aceh.

“Untuk tim medis penanganan Covid-19 di RS Yulidin AwaY Tapaktuan segera dilakukan pengambilan test swab. Kita juga membatasi jumlah pengunjung rumah sakit untuk sementara waktu,” kata Elizal.

Rubrik:Aceh Selatan
DPRK ABES HUT METROPOLIS
Pemkab Asel hut metropolis
PUPR ACEH BARAT HUT METROPOLIS
IKLAN PLN