Hari Pertama, Puluhan Warga Terjaring Razia Prokes di Agara

Hari Pertama, Puluhan Warga Terjaring Razia Prokes di Agara

KUTACANE, Metropolis.id Puluhan warga terjaring dalam razia penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 yang dilakukan oleh Tim Gabungan di Kabupaten Aceh Tenggara, Jumat (25/9/2020).

Razia yuridis yang dipusatkan di Jalan Protokol Ahmad Yani Kutacane ini, melibatkan Satpol PP dan WH Aceh Tenggara, personil TNI dan Polri.

Kepala Satpol PP Aceh Tenggara, M. Fadly, S stp, melalui Kabid Transit Wilayatul Hisbah (WH), Misiadi Sunanda, S sos, menjelaskan razia masker yang dilaksanakan adalah rujukan dari Peraturan Bupati Nomor :32 Tahun 2020 Tentang Pedoman Tatanan Normal Baru dan Peningkatan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19.

"Ada sejumlah 79 warga yang terjaring pada hari pertama razia ini, tetapi semua sudah dilepas," kata Misiadi.

Sebelum dilepas , kata dia, warga yang terjaring razia diwajibkan untuk mengisi berita acara perjanjian, bahwa mereka siap untuk menjalankan prokes Covid-19 yang sudah ditentukan. 

“Selain dari pengisian berita acara perjanjian, pelanggar juga diberikan sanksi sosial dan sanksi fisik berupa, hapal Pancasila, hapal ayat pendek, hapal lagu Indonesia Raya, bersih-bersih dan push up,” katanya. 

Menyusul penerapan Perbub tersebut, Ia mengajak masyarakat dan  pejabat untuk mematuhinya.

“Semua akan ditindak jika melanggar peraturan yang sudah ditentukan itu, tetapi kali ini masih ada toleransi. Selanjutnya akan kita terapkan sesuai prokes tersebut," katanya.

Rubrik:Aceh Tenggara