Guru di Abdya Keluhkan TC Belum Cair, Bupati Akmal Bilang Begini

Guru di Abdya Keluhkan TC Belum Cair, Bupati Akmal Bilang Begini

METROPOLIS.ID Ratusan guru di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengeluh lantaran dana tunjangan khusus atau TC belum cair.

Dana TC yang belum dicairkan oleh Pemerintah Kabupaten Abdya itu terhitung sejak Januari hingga Juni 2021. Padahal, sebelumnya TC guru cair setiap tiga bulan sekali.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim membenarkan ihwal belum cairnya dana TC bagi ratusan guru di wilayah itu.

Penyebabnya, kata Akmal, ada aturan yang melarang pencairan dana sebelum pengesahan refocusing untuk penanganan wabah Covid-19.

Akmal menjelaskan, dana dari pusat baru ditransfer setelah refocusing disahkan oleh Menteri Keuangan RI pada bulan Mei 2021. 

“Sebelum refocusing, semua anggaran dibekukan kecuali cuma gaji. Banyak yang tak paham soal ini, untuk itu mari berbaik sangka dan jangan menerka-nerka dulu," kata Bupati Akmal Ibrahim, Rabu (9/6/2021).

Kondisi ini, kata dia, tak hanya terjadi di Kabupaten Abdya, namun juga berlaku di kabupaten/kota lain. Bahkan, katanya, beberapa daerah yang tidak membayar gaji pegawainya.

Parahnya lagi, kata Akmal, ada kabupaten/kota di Aceh yang terpaksa memberhentikan semua honorer. Sementara Kabupaten Abdya, katanya, secara keuangan cukup sehat, hanya saja karena aturan makanya TC itu tidak bisa dicairkan.

"Jadi memang tidak boleh ada pencairan samasekali sebelum disahkan refocusing. Itulah mekanisme anggaran dalam masa darurat pandemi,” tambah Akmal.

"Jangan salah faham soal ini. Sekarang kenapa Kas kita membengkak, sebab orang berpikir masih belum bisa dicairkan. Padahal kini sudah bisa, jadi segera dicairkan," ujarnya.

Agar anggaran tidak terus membengkak, Akmal minta semua pihak termasuk kontraktor agar segera mengamprah uang sesuai mata anggaran dan aturan.

"Saya sudah kena tegur soal Kas bengkak ini. Kas kita sudah membengkak. Wajar saja, uangnya kan baru bisa dipakai mulai akhir bulan Mei. Jadi amprahlah semua," katanya.

Hut pijay