Eksportir Lobster di Aceh Jaya Diminta Sejahterakan Nelayan

Eksportir Lobster di Aceh Jaya Diminta Sejahterakan Nelayan

CALANG, METROPOLIS.id Panglima Laot Aceh Jaya, Usman Umar meminta bisnis ekspor benih lobster yang kini tengah dikembangkan di wilayah itu tidak menimbulkan keresahan bagi nelayan setempat.

"Kami meminta siapapun yang mengembangkan bisnis jangan sampai merugikan nelayan," kata Usman, Jumat (17/7/2020).

Hal itu, kata dia, disampaikan karena bisnis ekspor benih lobster saat ini mulai dikembangkan di Aceh Jaya dengan merangkul berbagai nelayan.

Berdasarkan informasi diterima dari sejumlah nelayan, kata dia, terungkap jika penampung benih lobster hanya satu perusahaan saja. Kondisi ini, kata dia, dikhawatirkan akan berdampak pada harga jual yang bisa merugikan nelayan.

Menurut Usman, pihaknya tidak akan ikut campur soal pengembangan bisnis tersebut di Aceh Jaya. Namun, Ia meminta para nelayan yang akan menjalankan bisnis tersebut tidak membawa nama lembaga untuk kepentingan pribadinya.

"Siapa pun anggota nelayan dan pengurus lembaga yang ingin mengembangkan bisnis tersebut jangan melibatkan lembaga. Kita tetap memonitoring," katanya.

"Secara pribadi sebagai nelayan, lembaga Panglima Laot tidak melarang untuk menjalankan bisnis tersebut, asal bisa mensejahterakan nelayan itu sendiri," tambah Usman.

Rubrik:Ekobis