Dua Tahun Metropolis.id dan Semangat Perubahan

Dua Tahun Metropolis.id dan Semangat Perubahan
Pemimpin Redaksi Metropolis.id Ariadi B Jangka, didampingi Direktur Utama PT Metro Inter Media Masrizal, menyerahkan berkas Metropolis.id kepada Tim Verivikasi Media Dewan Pers. [Dok]

ALHAMDULILLAH, sembilan hari jelang perayaan hari kemerdekaan RI tahun 2019, lahir situs berita Metropolis.id. Hari ini, 8 Agustus 2021, media online yang lahir dari rahim imajinasi anak-anak Aceh ini genap sudah berusia dua tahun.

Semula banyak yang meragukan kehadiran Metropolis.id di ranah pers profesional. Kami dianggap akan sama dengan media “kacangan” lainnya yang tumbuh subur menyemaki huma Aceh di era kebebasan pers yang keblablasan ini. 

Menyahuti anggapan itu, dalam perjalanannya kami terus berbenah diri dengan menunjukkan bahwa Metropolis.id benar-benar situs berita profesional. Dalam setiap sajian, kami selalu menjunjung tinggi kepentingan publik, menjaga keseimbangan kehidupan berbangsa, dan menjadi ujung tombak demokrasi di republik ini. Dalam setiap konten yang tersaji, kami terus menjaga marwah jurnalisme dengan mengedepankan prinsip-prinsip trusted, kredibel, aktual, mendalam, dan penuh perspektif.

Karena itu pula, tidak butuh waktu lama, Metropolis.id terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Sementara untuk verifikasi vaktual sempat terkendela karena Tim Dewan Pers membutuhkan banyak pertimbangan untuk turun ke daerah di tengah pandemi Covid-19 yang melanda tanah air. 

Setelah menunggu berbulan-bulan, akhirnya pada 27 Maret 2021, Tim Verifikasi Media Dewan Pers menyambangi kantor Redaksi Metropolis.id di kawasan Kuta Alam, Banda Aceh. Dan, Alhmadulillah, pada 30 Mei 2021, Metropolis.id tertera di website resmi Dewan Pers sebagai media online yang Terverifikasi Administratif dan Faktual.

Fakta ini tentu menjadi jawaban bagi kalangan yang sempat meragukan kehadiran kami. Sejak semula pun, kami menganggap keraguan itu sebagai sesuatu yang lumrah. Sebab, seleksi alam terhadap industri media memang tampak begitu kejam. Ada yang mati, ada yang sekarat, ada juga yang tetap tumbuh dan terus bertahan. Dan, harapan kami, Metropolis.id menjadi media yang terus berkibar, meski harus melawan angin kencang yang menghantam. 

Kehadiran kami semoga berarti bagi bangsa dan negeri ini, terutama bagi Anda pembaca kami. Di usia yang masih seumur jagung ini, Metropolis.id terus berbenah untuk menjadi media yang patut didiperhitungkan di bumi Aceh. Mungkin saja kami atau media lain yang nanti membuat distorsi, maka pembaca bisa memilih yang lebih baik. Tentu tidak selamanya kami yang terbaik, tetapi kami tetap anak-anak Aceh yang ingin memperbaiki bangsa dan negeri ini.

Semoga dalam perjalanan ke depan, nafas kami tidak tersendat-sendat seperti selama ini. Kami selalu berharap, takdir baik mau mengiringi perjalanan Metropolis.id. Paling tidak, kami bisa bertahan dengan tetap menjaga marwah pers tanah air.

Dengan wartawan yang masih muda-muda, kami takut pula suatu saat mereka juga akan terbawa zaman, tersilap. Maka tolonglah, bila kami masih bisa terus hidup, awasilah kami. Wartawan bukan orang yang kebal segalanya, wartawan jauh dari tokoh suci atau sebaliknya bisa saja menjadi preman yang menakutkan.

Metropolis.id dikelola oleh warga negara biasa, yang memberitakan apa adanya. Sebuah kebenaran bila itu memang benar, dan memberitakan pelanggaran bila itu salah, tentu dengan penuh keberimbangan. Kadang kami berbuat salah, bila itu salah pasti kami sadari dan kami perbaiki secepat kami mampu. Semoga kesalahan itu bisa dihindari, apalagi kesalahan yang merugikan orang banyak. Bila itu terjadi, kami akan berhenti berkoar-koar, kami berhenti membagi ilmu, kami akan berhenti karena malu, khususnya karena mengkhianati hati nurani kami sendiri.

Alkhirnya, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pembaca Metropolis.id di seluruh Indonesia dan pembaca yang berada di luar negeri. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada mitra kerja, narasumber, dan seluruh stakeholders.

Kepada seluruh tim Metropolis.id, terima kasih yang sangat dalam kami sampaikan. Kami bangga dan salut atas kerja keras kalian. Mohon maaf jika masih ada kekurangan yang dirasakan. Kami akan terus memberikan yang terbaik. Selamat Milad Metropolis.id ke-2, semoga dapat terus menyajikan berita factual dan tepercaya kepada masyarakat![]

Editor:
Rubrik:Editorial