Dua Amalan di Hari Jum'at yang Bisa Menghapus Dosa

Dua Amalan di Hari Jum'at yang Bisa Menghapus Dosa
ILUSTRASI NET

metropolis.id Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam, banyak keistimewaan dan amalan sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan pada hari Jum'at.

Selain itu juga hari jumat menjadi hari yang paling di utamakan dalam semua hari.

Selain itu juga hari jumat banyak sekalai faedah yang banyak, dan di hati jumat juga menjadi hari yang dianjurkan banyak-banyak berdoa.

Berikut dua amalan pada hari jumat yang bisa menghapus dosa, sebagaimana mantrasukabumi.com rangkum dari berbagai sumber, sebagai berikut:

1. Membaca surah Al-Kahfi

Membaca surat Al-Kahfi termasuk salah satu sunah Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan, terutama pada Jumat, membaca surah dengan urutan ke-18 ini memiliki banyak keutamaan,

“Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at ia akan diterangi cahaya dari bawah kakinya hingga ke langit pd hari Kiamat, & diampuni dosanya di antara dua Jumat.”

Al-Mundziri berkata, “Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Mardawaih dalam kitab tafsirnya dengan derajat sanad Laa ba’sa bihi.” (At-Targhib wat Tarhib).

Membaca surah Al-Kahfi diimulai dari tenggelamnya matahari pada sore hari kamis hingga sebelum tenggelamnya matahari pada sore hari jum’at atau magrib atau sebelum masuk magrib.

Waktu yang cukup lapang dan panjang, sehingga hampir-hampir tidak ada alasan untuk tidak membaca al kahfi.

2. Shalat Jum’at

Rasulullah bersabda, “Tidaklah seseorang menyempurnakan bersucinya, lalu mendatangi shalat Jum’at, kemudian diam hingga imam selesai melaksanakan shalatnya, melainkan akan menjadi penghapus dosa antara Jum’at itu dengan Jum’at setelahnya, jika dia menjauhi dosa besar.” (HR. Imam Ahmad) .

Nah, itulah ke-2 amalan penghapus dosa pada hari jum’at, semoga bermanfaat.

Rubrik:Gaya Hidup
Sumber:pikiranrakyat.com