Dorong Peningkatan Perekonomian Warga, Kepala Kampung di Subulussalam ini Salurkan Bantuan Usaha

Dorong Peningkatan Perekonomian Warga, Kepala Kampung di Subulussalam ini Salurkan Bantuan Usaha

SUBULUSSALAM, METROPOLIS.id | Tidak ingin ketinggalan dengan kampung lainnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kampong Bunga Tanjung, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam menyalurkan bantuan usaha kepada masyarakatnya.

Jenis bantuan usaha yang disalurkan tersebut yakni ratusan ternak kambing, bibit pinang, pupuk anorganik untuk pertanian dan mesin pembersih gulma untuk perkebunan atau pertanian.

Kepala Kampong Bunga Tanjung, Ismail Bancin mengatakan, bantuan usaha yang dibagikan kepada masyarakatnya tersebut sudah melalui musyawarah yang digelarnya bersama masyarakat beberapa bulan lalu. Sehingga masyarakat diberi keleluasaan untuk memilih jenis bantuan usaha yang diprogramkannya.

"Kita lakukan musyawarah secara terbuka, terus kita berikan pilihan kepada masyarakat untuk memilih jenis usaha yang dianggapnya bisa meningkatkan kesejahteraan keluargannya" terang Ismail kepada METROPOLIS.id, Sabtu (28/12/2019).

Ismail pun merincikan, dari 130 Kepala Keluarga (KK) yang terdata di wilayahnya, semuanya menerima bantuan yang disalurkan dengan jumlah penerima bantuan mesin babat 23 KK; bantuan ternak kambing 54 KK; pupuk pertanian 48 KK; dan bibit tanaman pinang 5 KK.

"Bantuan yang disalurkannya tersebut bersumber dari anggaran dana desa yang digelontorkan pemerintah," katanya.

Ismail sangat optimis, bantuan yang disalurkannya tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga ke depan permintaan pasar untuk kebutuhan kambing dan pinang bisa disuplay dari desanya.

"Untuk penerima bantuan mesin pembersih gulma (mesin babat) akan mampu menekan biaya pembersihan lahan pertanian, karena sudah menggunakan teknologi mesin," katanya.

Sedangkan penerima bantuan pupuk, manfaatnya kata Ismail, akan mampu meningkatkan hasil panen kelapa sawit dan jenis tanaman lainnya

"Kepada masyarakat yang menerima bantuan tersebut, kita harapkan untuk dapat memanfaatkannya dengan baik serta mengembangkannya agar ke depannya pihaknya dengan mudah bisa memprogramkan jenis bantuan lainnya," katanya.

Rubrik:Subulussalam