Diterjang Banjir Bandang, 3 Bus Terseret Air Bah

Diterjang Banjir Bandang, 3 Bus Terseret Air Bah
Banjir di India bagian selatan. (Foto: Twitter)

Metropolis.id Sebanyak 30 orang dilaporkan tewas atau hilang setelah banjir bandang menerjang India bagian Selatan. Mereka ikut hanyut saat tiga bus yang mereka tumpangi diterjang air bah bersamaan. 

Banjir bandang ini terjadi di negara bagian Andhra Pradesh, Jumat (19/11/2021). Tim penyelamat berhasil mengeluarkan belasan mayat dari tiga bus tersebut. 

Dilansir dari The NewsMinute, hingga saat ini ada 18 orang yang dinyatakan hilang. 

Analis mengatakan cuaca ekstrem dan tak terduga di seluruh Asia Selatan didorong oleh perubahan iklim. Hal ini diperburuk oleh penggundulan hutan dan pembangunan yang berlebihan.

Sebagai informasi, puluhan orang di India tewas sejak Oktober setelah hujan lebat memicu banjir dan tanah longsor. Sedikitnya 42 orang tewas bulan lalu ketika hujan lebat mengguyur Kerala. 

Pada hari Jumat lalu, pihak berwenang di negara bagian itu juga menghentikan aktivitas ke luar masuk ke Sabarimala yang merupakan salah satu tempat suci umat Hindu. Penghentian itu dipicu adanya hujan lebat.

Sebelumnya, ratusan umat telah melakukan perjalanan ke Sabarimala sejak kuil dibuka minggu lalu untuk musim ziarah tahunan selama dua bulan.

Naiknya permukaan air di Sungai Pamba, yang dianggap suci oleh para peziarah, memaksa para pejabat untuk menghentikan aktivitas para jemaah selama sehari.

Rubrik:Metro Global
Sumber:iNews.id