Deretan Bisnis yang Diramal Cuan Ramadhan 2021, Apa Aja Ya?

Deretan Bisnis yang Diramal Cuan Ramadhan 2021, Apa Aja Ya?
Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho

metropolis.id Tertarik menjajal bisnis di saat Ramadhan? Nah, jangan sampai salah menentukan ide bisnis yang cocok di bulan puasa. Setidaknya ada beberapa produk jualan yang kemungkinan bakal cuan.

Perencana keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto menjelaskan, barang yang layak dijual adalah yang berkaitan dengan situasional Ramadhan.

"Ramadhan kita bicara situasional, jadi pastinya bisnis-bisnis yang berhubungan dengan situasional tadi. Kan kalau Ramadhan berarti kita bicara tentang religiusitas, terus kita bicara tentang makanan, bicara mengenai momen, itu menjadi hal yang bagus yang bisa dijual," kata dia seerti dikutip metropolis.id dari detikcom.

"Kalau religius berarti kita bicara gamis misalnya. Terus kursus, kenapa nggak? misalnya kursus Quran, kan hal seperti itu menjadi penting. Terus katakanlah alat-alat sembahyang. Terus makanan-makanan yang berhubungan dengan lembaran itu mesti cukup bagus," sambungnya.

Dihubungi terpisah, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho juga membeberkan bisnis makanan cukup menjanjikan di kala Ramadhan.

"Biasanya kalau bulan Ramadhan pastinya adalah makanan. Nah makanan ini bisa berupa makanan-makanan buat buka puasa ya, mulai dari kolak, es cendol, atau mungkin snack-snack seperti itu, makanan-makanan takjil itu bisa jadi alternatif," sebutnya.

Lalu, bisnis kue kering untuk berlebaran juga bisa menjadi alternatif. Itu bisa mulai ditawarkan ke orang-orang sejak awal bulan puasa. Pakaian muslim juga cocok untuk ladang bisnis, mulai dari hijab, gamis, hingga sarung.

"Terus ada lagi yang saya perhatikan mereka nggak jual barangnya tapi jual jasa bikin hampers, jadi bikin hampers untuk paket-paket lebaran itu juga bisa jadi alternatif. Itu sih menurut saya akan banyak pasarnya," tambahnya. | DETIK.COM

Rubrik:Ekobis
demokrat