Dana PIP Cair, Penerima Padati BRI Syariah Agara

Dana PIP Cair, Penerima Padati BRI Syariah Agara
BRI Syariah Agara dipadati nasabah penerima dana PIP.

KUTACANE, metropolis.id Penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) di Aceh Tenggara (Agara) memadati ruangan dan halaman kantor BRI Syariah Cabang Kutacane. Situasi ini terjadi akibat pencairan dana hanya bisa dilakukan di BRI Syariah tersebut. 

Wali Murid SD Negeri 1 Lawe Sigala-gala yang tak mau disebutkan namanya mengatakan terpaksa harus mendatangi BRI Syariah Kutacane untuk pencairan dana PIP dari pemerintah pusat. 

"Saya harus menempuh jarak sekitar 20 kilometer untuk mendatangi BRI ini," katanya, Selasa (12/1/2021). 

Namun setiba di sini, kata dia, harus mengikuti antrian yang sangat panjang. Ia juga was-was, namanya tidak mendapat giliran panggilan. 

"Jika saja pencairan dana ini bisa di BRI unit, mungkin antrian seperti ini tidak akan terjadi. Saya juga tidak mesti menempuh jarak sejauh ini," cetusnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agara, Bakri Saputra melalui Kasi Kurikulum, M Rhido mengatakan mekanisme pencairan dana PIP tersebut sepenuhnya tergantung pihak BRI. 

"Tidak ada kaitannya dengan Dinas Pendidikan. Bahkan kami sangat prihatin melihat wali murid harus antri di BRI Syariah tersebut," katanya. 

Bakri menjelaskan sebanyak 16.766 siswa SD dan SMP yang berasal dari 244 sekolah di Agara tercatat sebagai penerima dana PIP. 

"Dari jumlah itu, 10.136 siswa sudah direalisasikan, selebihnya 6.630 siswa masih dalam tahap pencairan," katanya. 

Sementara itu, Petugas BRI Syariah Cabang Kutacane Agara, Yuni dihubungi metropolis.id via WhatsApp tidak membalas terkait dengan mekanisme pencarian dana tersebut. 

Rubrik:Aceh Tenggara
Iklan bireuen