PT SBA HUT metropolis

Cuaca Ekstrem, Dewan Minta Masyarakat Aceh Besar Waspada Terhadap Ancaman Bencana

Cuaca Ekstrem, Dewan Minta Masyarakat Aceh Besar Waspada Terhadap Ancaman Bencana

JANTHO, METROPOLIS.id Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, Arfiansyah, S.Pd, menyerukan semua pihak mempunyai kewaspadaan tinggi menghadapi potensi bencana alam di daerah itu.

Ia juga meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar untuk menggerakkan perangkat teknisnya agar senantiasa siaga menghadapi bencana alam yang potensial terjadi kapan saja.

"Kita mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap bencana banjir dan longsor. Apalagi beberapa hari ini curah hujan di Aceh Besar sangat tinggi,” imbau Arfiansyah yang juga anggota Komisi IV, Kamis (30/7/2020).

Kabupaten Aceh Besar dengan letak geografisnya berada dalam kawasan pergunungan dan tepi pantai, kata dia, memiliki intensitas rawan bencana tinggi terutama saat musim hujan. Bencana longsor dan badai kemungkinan besar selalu terjadi di kedua kawasan tersebut.

"Selalu waspada dengan kondisi cuaca yang tiap saat berubah-ubah, di saat bepergian sebisa mungkin menghindari areal perpohonan besar yang rawan tumbang dan patah disaat angin kencang," katanya.

"Selain itu, sebisa mungkin menghindari kawasan yang rawan longsor terutama saat melintasi wilayah Kecamatan Leupung dan Kecamatan Lhoong yang sudah terbiasa dengan bencana longsor dan sering tumbangnya pohon ke badan jalan."

Di sisi lain, politisi PNA ini juga memint Pemkab Aceh Besar agar memerintahkan OPD khususnya mitra kerja komisi dalam hal ini BPBD agar siaga di titik yang rawan bencana tersebut.

"Sikap waspada sangat diperlukan ketika kondisi cuaca hujan dan angin kencang, hal ini untuk meminimalisirkan jatuhnya korban jiwa serta korban materil akibat bencana tersebut," katanya.

Rubrik:Aceh Besar
DPRK ABES HUT METROPOLIS
Pemkab Asel hut metropolis
PUPR ACEH BARAT HUT METROPOLIS
IKLAN PLN