CDOB Kota Panton Labu Berpeluang Besar dan Masuk Prioritas Pemekaran

CDOB Kota Panton Labu Berpeluang Besar dan Masuk Prioritas Pemekaran

LHOKSUKON, MEYROPOLOS.ID Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi, MIP., mengatakan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kota Panton Labu di Kabupaten Aceh Utara sangat berpeluang besar dan masuk prioritas pemekaran daerah bersama dengan CDOB lainnya di Provinsi Aceh.

Hal itu disampaikan Fachrul Razi, seusai acara Pengukuhan Pengurus Baru CDOB Kota Panton Labu di Aula Kantor Camat Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (3/4/2021) sore.

"Pemekaran kota itu lebih berpeluang dari pada kabupaten, kalau dilihat dari struktur kepentingan pusat," kata Fachrul Razi yang di dampingi Ketua CDOB Panton Labu Teuku Otman (Ayah Ot).

Alasan CDOB Kota Panton Labu lebih diprioritaskan, lanjutnya, karena perubahannya adalah kabupaten menjadi kota. Hal ini merupakan kenaikan status. Jadi lebih mudah dibentuk.

Selain itu, tambah Fachrul Razi, kota di timur Kabupaten Aceh Utara ini lebih berpeluang terbentuk, karena anggaran secara fasilitas dan daya dukung geografis sudah memenuhi.

"Jadi, Kota Panton lebih berpeluang diprioritaskan, karena memang kondisinya itu bukan berarti mengurangi kabupaten, tapi memperkuat," terangnya.

"Sifatnya naik status dari kabupaten menjadi kota dan Kota Panton memenuhi syarat. Hari ini sudah kita verifikasi fakfual," tambah Fachrul Razi.

Terkait moratorium pemekaran daerah, terang Fachrul Razi, hal ini terkait belum adanya penandatanganan Detada (Desain Penataan Daerah) dan Desertada (Desain Besar Penataan Daerah) oleh pemerintah.

Ia mengatakan, dirinya sudah pernah membahas hal tersebut dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Hasil kesepakatan dengan Wapres bahwa Detada dan Desertada akan segera ditandatangani dan prioritas pemekaran adalah daerah di Provinsi Papua, kemudian di Provinsi Aceh.

"Hari ini kita mau membantah bahwa asumsi pemekaran adalah kepentingan elite. Pemekaran di Kota Panton adalah pure, murni keinginan rakyat yang ada di Panton Labu, bukan dari elit-elit," ujarnya.

Sementara Ketua Baru CDOB Kota Panton Labu Teuku Otman sangat optimis apalagi Aceh Utara memiliki desa terbanyak yakni 852 desa, sehingga peluang pemekaran berpotensi sangat besar.

Halaman12
Rubrik:Aceh Utara
demokrat