Breaking News

Brigadir Fajar Gunawan, Menjadi Pelayan dan Pengayom Sejati di Tengah Pandemi

Brigadir Fajar Gunawan, Menjadi Pelayan dan Pengayom Sejati di Tengah Pandemi
Brigadir Fajar Gunawan, Bhabinkamtibmas Polsek Karang Baru Polres Aceh Tamiang ikut menyalurkan bantuan untuk warga terdampak Covid-19.

KUALA SIMPANG, METROPOLIS.id Mendapat kepercayaan bertugas sebagai Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat atau yang biasa dikenal dengan Bhabinkamtibmas, menjadi tantangan tersendiri bagi Brigadir Fajar Gunawan.

Di tengah wabah corona virus disease nineteen (Covid-19) yang sedang melanda bangsa Indonesia, tak terkecuali Provinsi Aceh, tugasnya kini berlipat ganda.

Brigadir Fajar Gunawan harus tetap berbaur dan melakukan kontak langsung dengan masyarakat saat pemerintah menginstruksikan, agar masyarakat harus tetap di rumah.

Brigadir Fajar Gunawan, bersama personel Polsek Karang Baru Polres Aceh Tamiang berbaur dnegan masyarakat.

Fajar sendiri merupakan anggota Markas Polisi Sektor (Mapolsek) Karang Baru, Polres Aceh Tamiang. Selain ditugaskan menjadi Bhabinkamtibmas, ia juga bertugas di Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Mapolsek tersebut.

Bukan hal mudah membagi dua tanggungjawab yang diemban. Namun, bagi Fajar, hal ini merupakan tugas Negara yang harus diterima dan dijalankan, sesuai sumpah dan janji yang telah diikrarkan ketika pertama kali dirinya menjadi seorang anggota Polri.

Di mata masyarakat, ayah dari Naufal Abbill Zikri Gunawan dan Natasya Olivia Gunawan ini merupakan sosok pria yang supel dan humanis. Sehingga membuat dirinya mudah diterima oleh kalangan mana saja di masyarakat Kampung Dalam yang berpenduduk kurang lebih 3.917 jiwa.

“Pengabdian terhadap masyarakat harus diutamakan karena kita sebagai pelayan masyarakat. Bagaimana kita bisa membina situasi Kamtibmas di lingkungan tersebut kalau kita tidak dekat dengan masyarakat,” kata Fajar.

Pria tambun kelahiran 23 Maret 1987 lalu tersebut memulai karier menjadi seorang polisi pada tahun 2006. Dirinya merupakan salah satu capol (calon polisi) yang lulus dan dikirim mengikuti pendidikan kepolisian di SPN Seulawah Polda Aceh saat itu. Ia ditempa selama kurang lebih 5 bulan.

Kepedulian lelaki itu pun lebih terbentuk dan terbangun terhadap sesama saat dirinya menjadi seorang Bhabinkamtibmas. Ia pun menjadi polisi yang super aktif dan selalu siap menajalankan tugas dalam kondisi apapun dari atasannya.

Brigadir Fajar Gunawan, Bhabinkamtibmas Polsek Karang Baru Polres Aceh Tamiang ikut melakukan penyemprotan desinfektan untuk memutuskan penyebaran Virus Corona.

Bahkan saat Pandemi Covid-19 sekarang ini, alumni SMU Negeri 1 Kejuruan Muda tersebut semakin banyak beraktivitas di lapangan. Seperti memberikan imbauan pencegahan Covid-19, mendampingi pembagian sembako oleh pihak desa, hingga menyelesaikan segala permasalahan warga.

Banyak hal yang dilakukannya demi kepentingan masyarakat, walaupun terkadang dia harus mengesampingkan dulu masalah untuk keluarga. Sungguh pengabdian dan tanggungjawab tugas yang begitu mulia dari suami Indri Handayani ini.

Fajar mengaku, menjadi seorang Bhabinkamtibmas harus siap jadi contoh. Jangan sampai apa yang diucapkan untuk mengajak orang berbuat atau melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 menjadi gagal, sebab tidak menerapkan imbauan itu sendiri.

"Jadi harus jadi contoh kalau warga mau mengikut. Bukan sebaliknya," ucap bapak dua anak itu.

Kebahagiaan di tengah pandemi saat ini, kata Fajar, ketika melihat warga binaannya dapat tesenyum bahagia kala mendapatkan bantuan sembako, karena mereka benar-benar membutuhkan.

"Dukanya ketika di lapangan, saat ada warga yang terbilang cukup secara materi masih ingin mendapatkan sembako. Meski terkadang saya menyadari bahwa mungkin saja orang tersebut memang butuh, atau hanya memanfaatkan keadaan Covid-19 ini. Ahh entah lah," guyonnya.

Namun dirinya mengaku lebih memilih untuk observasi lapangan saat ini, sesuai perintah dari Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Kapolda Aceh Brigjen Pol Wahyu Widada, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan. Termasuk Kapolseknya Iptu Tarmidi, agar bantuan disampaikan ke warga yang sangat membutuhkan.

"Justru tugas Bhabinkamtibmas ini saya lebih merasa bebas menjalankan tugas selama sesuai prosedur. Mulai sosial, ekonomi, rescue, imbauan dan hukum semua menjadi satu. Saya senang jalani tugas ini," ungkapnya.

Terakhir Fajar mengimbau warga masyarakat untuk tetap mematuhi protap pencegahan Covid-19 dengan menerapkan physical distancing, mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker.

Dengan patuh diharapkan virus ini bisa berakhir dan kehidupan dapat kembali normal jauh sebelum wabah ini datang.

Di mata masyarakat, sosok Brigadir Fajar dikenal sangat bersahaja. Hal ini lah yang diakui oleh Datok Penghulu (kepala desa-red) Kampung Dalam, Riza Azhari.

Menurutnya, meskipun Brigadir Fajar belum lama bertugas di kampung mereka, namun sosoknya dalam melakukan pendampingan dan pembinaan di kampung yang dipimpinnya itu sangat baik, terlebih dimasa pandemi ini.

"Kami dari pemerintah kampung sangat mengapresiasi kinerja Bhabinkamtibmas Fajar, mampu mengayomi masyarakat meski usianya terbilang muda," katanya.

Sosok Brigadir Fajar diakuinya terbilang mampu dalam menjalankan program dari Kapolres Aceh Tamiang, yaitu meningkatkan ketahanan pangan, serta memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu.

"Seperti halnya yang telah kami lakukan bersama beberapa waktu lalu. Pihak kampung bersama Brigadir Fajar melakukan penanaman jagung di atas lahan milik kampung, sebagai upaya menjalankan program ketahanan pangan dari Kapolres Aceh Tamiang," kenang Riza Azhari.

Rubrik:Aceh Tamiang