Breaking News

BNN Babat 160 Ribu Batang Ganja di Aceh Besar, Ditanam di Lahan Seluas 4 Hektar

BNN Babat 160 Ribu Batang Ganja di Aceh Besar, Ditanam di Lahan Seluas 4 Hektar
Penemuan 4 hektar ladang ganja di Aceh Besar. (Foto: Dok BNN)

JANTHO, METROPOLIS.id | Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan 160.000 batang tanaman ganja di Kabupaten Aceh Besar, Kamis (5/12/2019). Petugas tidak menemukan pemilik ladang tersebut.

Ratusan ribu batang ganja itu ditanam di lahan seluas 4 hektar di kawasan Gampong Lambada, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar.

Pemusnahan tersebut dilakukan langsung oleh tim Badan Narkotika Nasional (BNN), dibantu BNNP Aceh, TNI dan Polri.
 
Kasubdit Narkotika Alami Deputi Pemberatasan BNN RI, Kombes Pol Aldrin Hutabarat mengatakan, tanaman ganja yang dimusnakan memiliki tinggi batang bervariasi mulai dari 50 sentimeter hingga 2,6 meter.

"Diperkirakan berat seluruh batang ganja yang dimusnahkan dari empat hektar itu mencapai 32 ton," kata Aldrin.

Batang ganja itu, kata dia, dimusnahkan dengan cara dicabut dan dibakar do lokasi temuan. "Sebagian ada yang dibawa pulang untuk barang bukti,” kata Aldrin.

Penemuan ladang ganja tersebut, sambung Aldrin, atas informasi masyarakat dan kemudian diselidiki dan langsung dimusnahkan.

"Tidak ada pemilik di lokasi temuan, namun terkait penanaman ganja ini, pelaku dapat dijerat Pasal 111 Ayat (2) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup," katanya.

Rubrik:
PT SBA