Breaking News

BMKG Pasang Alat Deteksi Gempa dan Tsunami di Aceh Jaya

BMKG Pasang Alat Deteksi Gempa dan Tsunami di Aceh Jaya
BMKG Pasang Alat Deteksi Gempa dan Tsunami di Aceh Jaya

CALANG, METROPOLIS.id Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memasang alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami atau Smart display Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) di Kabupaten Aceh Jaya.

Alat pemberi informasi gempa bumi dan tsunami itu dipasang di Kantor Bupati setempat, Jumat (24/07/2020).

“Alat deteksi gempa dan tsunami tersebut merupakan hibah dari BMKG pusat,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Aceh Jaya, Fajri.

Dengan adanya alat ini, sambung Fajri, diharapkan masyarakat dengan cepat mengetahui secara langsung segala jenis kebencanaan yang terjadi di seluruh Indonesia dan khususnya Kabupaten Aceh Jaya.

"Sehingga masyarakat lebih cepat dan akurat terhadap semua kejadian bencana terutama gempa dan Tsunami serta berbagai bencana lainnya,"kata Fajri.

Di sisi lain, Fajri juga mengucapkan terima kasih kepada BMKG atas dipasangnya alat WRS, apalagi Aceh Jaya salah satu daerah yang rawan terhadap bencana.

“Apresiasi kepada pemerintah pusat melalui BMKG atas pemasangan warning receiver system di Kabupaten Aceh Jaya,” kata Fajri.

Fajri mengungkapkan, tahun ini Aceh Jaya menerima bantuan dari pemerintah pusat melalui BMKG berupa satu alat WRS yang dipasang di kantor bupati dan alat pendukung lainya di kantor BPBK.

"Kita berharap dengan adanya alat ini, masyarakat secara cepat mengetahui perkembangan bencana seperti gempa dan tsunami,angin,hujan, Karhutla dan lainnya," terang Fajri.

Rubrik:Aceh Jaya